Bawaslu Bengkalis Selenggarakan Rapat Pengelolaan serta Pelayanan Data dan Informasi Publik

Bawaslu Bengkalis Selenggarakan Rapat Pengelolaan serta Pelayanan Data dan Informasi Publik

Bawaslu Bengkalis menggelar Rapat Pengelolaan serta Pelayanan Data dan Informasi Publik. (F-JUNAIDI USMAN)

Rabu, 12 Oktober 2022 14:33 WIB
JUNAIDI USMAN
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis melalui Divisi Hukum, Data dan Informasi, Selasa (11/10/2022), menggelar kegiatan Rapat Pengelolaan serta Pelayanan Data dan Informasi Publik.
Kegiatan yang dipusatkan di aula Sekretariat Bawaslu Bengkalis ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Riau, Nanang Wartono SH MH.

Ketua Bawaslu Bengkalis, Mukhlasin, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pengelolaan data dan informasi publik melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Data-red) di lingkungan Bawaslu Bengkalis dinilai sangat penting dan strategis. Karena menjadi salah satu corong bagi lembaga dalam menyampaikan berbagai informasi.

Oleh sebab itu, pengelolaan yang baik dan maksimal perlu dilakukan bagi mendukung dan meningkatkan keberadaan lembaga di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kita mengharapkan agar Pejabat Pengelola Informasi dan Data (PPID) Bawaslu Bengkalis dapat melaksanakan tugas dan meningkatkan kinerja yang telah diemban, termasuk menjalankan tugas-tugas lain yang menjadi tupoksinya masing-masing,” sebut Mukhlasin.

Dalam kesempatan tersebut, Mukhlasin juga meminta agar para peserta yang terdiri dari seluruh PNS dan staf di lingkungan Bawaslu Kabupaten Bengkalis dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Salah satunya mampu mengelola data dan informasi publik, termasuk mengetahui mana-mana saja data atau informasi yang dapat dipublis atau diketahui masyarakat, maupun data-data atau informasi yang dikecualikan berdasarkan
ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, anggota Bawaslu Provinsi Riau yang juga Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi, Nanang Wartono, dalam pengarahan sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan, bahwa sebagai Pengawas Pemilu sudah selayaknya peran Bawaslu diarahkan bagi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

“Untuk itu, terkait data-data maupun informasi yang berhak atau layak diketahui publik hendaknya disampaikan melalui saluran yang telah ada, di samping mengelola data yang ada, termasuk menjaga kerahsiaan terhadap data-data atau dokumen yang dikecualikan,” pesan Nanang Wartono, mantan Anggota Bawaslu Kabupaten Pelalawan yang baru sekitar sebulan ini menduduki jabatan sebagai Anggota Bawaslu Provinsi Riau.

Selain dihadiri pimpinan Bawaslu Riau Nanang Wartono, kegiatan yang turut menghadirkan narasumber dari PPID Bawaslu Riau ini juga dihadiri seluruh pimpinan Bawaslu Bengkalis, Koordinator Sekretariat Bawaslu Bengkalis M Sarbini serta petugas PPID Bawaslu Bengkalis.

Selain itu, para pelajar dan mahasiswa yang tengah melaksanakan magang di Bawaslu Bengkalis dan turut menjadi peserta dalam kegiatan ini. ***

Kategori : Politik, Bengkalis
wwwwww