Bengkalis Gelar Rakor Rumuskan Program Ketahanan Pangan

Bengkalis Gelar Rakor Rumuskan Program Ketahanan Pangan
Selasa, 11 Oktober 2022 12:35 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Bupati Bengkalis diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharuddin menghadiri dan sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Pengendalian Ketahanan Pangan tentang FGD Ranperbub (Focus Group Discussion Rancangan Peraturan Bupati) Distribusi Pelestarian Dan Pemanfaatan Pangan Lokal, yang dilaksanakan di aula Kantor Ketahanan Pangan, Selasa (11/10/2022).

Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis, Toharuddin mengatakan rakor dan sinergitas di bidang pangan, dalam rangka mengkomunikasikan berbagai kebijakan pembangunan, sekaligus sebagai ajang untuk melakukan evaluasi terhadap program ketahanan pangan yang telah dilaksanakan, guna mendapatkan rumusan program ketahanan pangan Kabupaten Bengkalis ke depannya, yang lebih baik, terarah serta terukur. "Kita mampu untuk melakukan analisis dan kajian terhadap ketersediaan pangan, termasuk di dalamnya permasalahan distribusi dan konsumsi, serta keamanan pangan di Kabupaten Bengkalis,” ujar Toharuddin.

Selain itu peran ketahanan pangan dalam mendukung program P2KP (Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan) melalui penganekaragaman pola konsumsi pangan masyarakat berbasis pangan lokal agar hidup sehat dan produktif.

"Hal ini tentunya sejalan dengan tema rakor kita hari ini yakni 'Peningkatan Ketahanan Pangan Lokal Untuk Menurunkan Angka Stunting Demi Mewujudkan Sumberdaya Yang Sehat Dan Cerdas',” ujarnya.

"Kemudian, kita juga harus meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan di pasar dalam negeri dan luar negeri. Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pangan yang aman, bermutu, dan bergizi. Dalam meningkatkan kesejahteraan bagi petani, nelayan, budi daya ikan dan pelaku usaha pangan. Kami berharap, kita dapat merumuskan upaya pengendalian ketahanan pangan, sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing, sebagaimana telah diamankan dari Peraturan Presiden nomor 83 tahun 2006 tentang dewan ketahanan pangan, atau yang sekarang disebut dengan kelompok kerja ketahanan pangan," harapnya.

Rakor ini diikuti sebanyak 32 orang yang terdiri dari kepala dinas, Dandim 0303/Bkls yang diwakili Kapten Czi Suratmin (Pasiops), TP PKK, pihak hotel, Bulog, STAIN Bengkalis, para pertani, STIE Syariah Bengkalis dan undangan lainnya. ***

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww