Home > Berita > Umum

Agar Penggunaan BKK Bermasa Sesuai Aturan, Pihak Kecamatan Bengkalis Lakukan Sosialisasi sebagai Pengawasan

Agar Penggunaan BKK Bermasa Sesuai Aturan, Pihak Kecamatan Bengkalis Lakukan Sosialisasi sebagai Pengawasan

Kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Mekanisme Pelaksanaan Infrastruktur Desa Bersumber Dari Dana Bermasa di Desa Simpang Ayam./F-IST

Senin, 10 Oktober 2022 21:26 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis salah satunya adalah Bantuan Keuangan Khusus Bermarwah Maju dan Sejahtera (BKK Bermasa) sebesar Rp1 miliar satu desa/kelurahan yang mulai digulirkan pada tahun 2022 ini.

Agar penggunaan dana BKK Bermasa ini terarah dan sesuai prioritas dan menjadi kepentingan masyarakat, maka pihak Kecamatan Bengkalis melakukan Sosialisasi dan Pembinaan Mekanisme Pelaksanaan Infrastruktur Desa Bersumber Dari Dana Bermasa salah satunya di Desa Simpang Ayam, Senin (10/10/2022).

Camat Bengkalis diwakili Sekcam, Rafli Kurniawan, dalam sosialisasi ini menyampaikan bahwa dari pihak Kecamatan Bengkalis bersama beberapa koordinator Kecamatan Bengkalis turun ke desa Simpang Ayam sebagai tindak lanjut salah satu pengawasan selaku tim pembinaan, pelaksanaan pembinaan, monitoring dan pengawasan terhadap penggunaan dana BKK Bermasa tadi.

"Melalui Perbup nomor 74 tahun 2021 terkait Pedoman Pengelolaan Bantuan Keuangan Bersifat Khusus Untuk Program Desa Bermasa kepada Pemerintah Desa di Kabupaten Bengkalis dengan juknis, bahwasanya di situ pihak kecamatan harus membentuk tim pelaksanaan pembinaan, monitoring dan pengawasan terhadap pemerintah desa. Di sini kami tentunya kami harus melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi agar dana yang sudah dikucurkan ke Pemerintah desa itu tidak salah sasaran yang nantinya bisa berimbas kepada hal-hal yang tidak diinginkan pemerintah desa," kata Sekcam Rafli Kurniawan kepada potretnews.com, Senin (10/10/2022).

Hal ini tentunya, lanjut Sekcam Rafli, tidak terlepas dari koordinasi dan kolaborasi yang baik pemdes dengan pihak kecamatan. Program BKK Bermasa ini juga tidak hanya tim dari kecamatan saja yang melakukan sesuai Juknis tadi, tim dari Kabupaten Bengkalis juga akan melakukan hal yang sama.

"Kami berharap kepada pemerintah desa mengikuti regulasi-regulasi atau aturan main yang sudah disampaikan ke pemerintah desa agar bisa menggunakan dana BKK Bermasa ini untuk kegiatan pembangunan sesuai dengan juknis, sesuai regulasinya. Kemudian kita juga berharap pemerintah desa bisa bekerja sesuai rencana anggaran biaya yang sudah ditentukan supaya di kemudian hari tidak ada penyimpangan yang bisa berakibat fatal kepada pemerintahan desa," harap Sekcam Rafli Kurniawan.

Ditambahkan Rafli, kegiatan sosialisasi di Simpang Ayam ini dilaksanakan satu hari full karena banyak hal yang perlu diketahui, masalah infrastruktur, masalah pengunaan keuangan, masalah ekonomi salah satunya BUMDes.

"Hingga saat ini, BKK Bermasa tahap I di seluruh desa di Kecamatan Bengkalis hampir terealisasi antara 80 sampai 90%," ungkap Sekcam Rafli Kurniawan di akhir wawancara.

Atas kegiatan sosialisasi yang dilakukan tim yang juga dihadiri pendamping desa ini, Kepala Desa (Kades) Mujiono menyambut baik. "Kami berharap kedepannya agar dana yang dikucurkan tidak berhenti sampai di sini. Harapan kami juga, supaya program-program yang diberikan baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten sesuai dengan juknis dan aturan yang sudah ditentukan," harap Kades Mujiono.

Diungkapkan Kades Mujiono, kucuran dana BKK Bermasa tahap I sebesar 500 juta rupiah digunakan untuk infrastruktur sebesar 400 juta dan 100 juta rupiah untuk pemberdayaan.

"Alhamdulillah, untuk Desa Simpang Ayam progresnya sudah mencapai 85%. Terima kasih kami ucapkan kepada Bupati Ibu Kasmarni dan Wakil Bupati Bapak Bagus Santoso. Dengan adanya dana BKK Bermasa yang diberikan, kami berharap kedepannya lebih meningkatkan geliat pembangunan khususnya di kabupaten Bengkalis, terkhusus Desa Simpang Ayam. Kami berdoa semoga Ibu Kasmarni dan Bapak Bagus Santoso diberikan kesehatan, dimurahkan rezeki dan dipermudahkan segala urusan," ucap Kades Mujiono mendoakan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww