Home > Berita > Umum

Kelangkaan Masih Terjadi, Pemprov Riau Minta Tambahan Pasokan Vaksin Meningitis ke Pemerintah Pusat

Kelangkaan Masih Terjadi, Pemprov Riau Minta Tambahan Pasokan Vaksin Meningitis ke Pemerintah Pusat

Ilustrasi

Selasa, 04 Oktober 2022 08:25 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kelangkaan vaksin meningitis di Provinsi Riau hingga saat ini masih terjadi. Pemprov Riau pun sudah mengajukan permohonan penambahan pasokan vaksin meningitis ke pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan.

Gubernur Riau, Syamsuar mengakui bahwa saat ini stok vaksin meningitis di Provinsi Riau kosong dan belum ada kiriman dari pemerintah pusat. Namun Syamsuar mengatakan, kondisi ini terjadi di seluruh Indonesia, bukan hanya di Provinsi Riau saja.

”Seluruh indonesia langka, saya sudah suruh kadis untuk meminta ke pusat, dan sudah diusulkan penambahannya," kata Syamsuar, seperti dilansir wartaekonomi.co.id.

Ia pun sudah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Riau agar melakukan upaya jemput bola dan terus berkoordinasi dengan Kemenkes agar vaksin tersebut bisa segera dikirim ke Riau. ”Informasinya dalam bulan ini datang dari pusat, namun, saya minta Kadiskes untuk mengejar, saya minta kepala dinas monitor, supaya sampai disini segera," katanya.

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin angkat bicara terkait dengan stok vaksin meningitis. Menurutnya pemerintah akan berusaha memenuhistok vaksin meningitis agar tidak menghambat keberangkatan calon Jemaah umrah menuju Tanah Suci .

”Kita harus menyiapkan [vaksin] meningitis itu sesuai dengan kebutuhan,” Kata Maruf.Maruf mengatakan pemerintah akan mencari tahu penyebab langkanya vaksin meningitis di sejumlah wilayah yang mengakibatkan calon Jemaah umrah gagal berangkat.

Lebih lanjut, Maruf menyebut perlu dipastikan kembali apakah vaksin meningitis masih menjadi syarat masuk Arab Saudi atau tidak. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum, Riau
wwwwww