KONI Bengkalis Gelar Serentak Haornas dan Rakor Persiapan Porprov X

KONI Bengkalis Gelar Serentak Haornas dan Rakor Persiapan Porprov X

Wakil Bupati Bagus Santoso dan Ketua KONI Darma Firdaus S di antara pada hadirin saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, Senin (12/9/2022) siang. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Selasa, 13 September 2022 15:37 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com —Bertempat di aula pertemuan Dang Merdu lantai IV Kantor Bupati Bengkalis di Jalan A Yani, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat menggelar 2 acara secara serentak, Senin (12/09/2022) siang.

Dalam pengantarnya, Ketua KONI Darma Firdaus menyampaikan bahwa peserta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X pada tahun ini berjumlah 12 kabupaten/kota se-Riau yang awalnya Meranti tidak ikut tetapi akhirnya ikut dengan mengirim atlet di 3 cabang olahraga (cabor).

Ada 27 cabang olahraga, 375 nomor, 375 medali emas, 37z5 perak dan 530 medali perunggu untuk diperjuangkan para atlet dari kabupaten/kota tadi.

Porprov di Indragiri Hilir tahun 2011, Kabupaten Bengkalis berada di peringkat kedua. Kemudian, di Indragiri Hulu tahun 2014 dan di Kampar tahun 2017, Bengkalis berhasil menjadi juara umum selama 2 tahun berturut-turut sehingga Porprov X di Kuantan Singingi Tahun 2022 pada November mendatang, atlet kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini sepakat untuk mempertahankan gelar juara umum.

Sebanyak 127 medali ditargetkan KONI Kabupaten Bengkalis melalui 13 yakni; atletik, catur, kempo, panjat tebing, takraw, renang, tarung derajat, tinju, muaythai, karate, pencak silat, tenis meja, bola voli (indoor dan pasir) yang menjadi cabor unggulan yang akan diperjuangkan 475 orang atlet yang disiapkan 90 pelatih dan didampingi 35 ofisial dengan jumlah 603 orang pejuang medali. Diperkirakan sebanyak 700-an atlet yang akan diberangkatkan dari Bengkalis menuju Kuansing nantinya.

Boleh dikatakan sebagai pemecut semangat para pejuang tadi, dalam Haornas tahun 2022 ini, KONI Kabupaten Bengkalis memberikan penghargaan kepada 4 orangatlet legend Kabupaten Bengkalis yang diserahkan langsung Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, didampingi Ketua KONI Bengkalis, Darma Firdaus S.

”Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada atlet legend yang berprestasi dan mengharukan nama daerah di masanya. Tentu kita masih berharap prestasi yang diraih mampu memberikan motivasi kepada para atlet saat ini," ujar Wabup Bagus Santoso.

Kepada para atlet legendaries, Bupati melalui Wabup Bagus Santoso meminta agar dapat memberikan bimbingan, strategi dan didikan kepada para atlet Bengkalis untuk lebih baik dan berprestasi dalam berbagai perlombaan.

”Melalui peringatan Haornas ini, kami juga mengajak kita semua untuk terus bersemangat dalam meraih prestasi di dunia olahraga dan bersama mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," ajaknya.

Di akhir sambutannya, sebait pantun selaksa cita disampaikan Wabup Bagus Santoso. "Dayung sampan ke tepian bakau, Hutan mangrove sungguhlah indah, Selamat dan tahniah kontingen Porprov Riau, Tunjukkan perjuangan harumkan nama daerah".

Adapun atlet legendaris yang mendapat penghargaan yaitu; Raza Afriansyah yang pernah menjadi atlet Tarung Drajat pada PON 2004 dan 2012, Ahmad Sumadi atlet legendaris Tarung Drajat PON 2004, Purnomo Widodo dan Efrizal Idris, pernah menjadi atlet Sepak Takraw SEA Games di Vietnam tahun 2008

Atlet legendaris ini diberikan penghargaan masing-masing sebesar Rp5.000.000 sebagai bentuk apresiasi atas capaian prestasi yang diraihnya di masa aktif sebagai atlet Kabupaten Bengkalis.

Setelah selesainya Haornas siang itu, acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Persiapan Porprov X tahun 2022. Turut hadir dalam acara; Asisten I Setda Bengkalis, Andris Wasono, para Ketua Cabang Olahraga KONI, Pengurus KONI dan Ofisial Porprov X Riau di Kuansing, pada November 2022 mendatang. ***

wwwwww