Home > Berita > Umum

Balitbang Gelar Lomba Karya Ilmiah SMA/Sederajat se-Kabupaten Bengkalis

Balitbang Gelar Lomba Karya Ilmiah SMA/Sederajat se-Kabupaten Bengkalis
Senin, 05 September 2022 14:29 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis, Riau menggelar Lomba Karya Ilmiah (LKI) tingkat SMA/ Sederajat se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2022, di Ruang Serbaguna Balitbang Jalan Pertanian, Senin (5/9/2022).

Berdasarkan hasil rapat Dewan Juri LKI Tingkat SMA/ Sederajat se-Kabupaten Bengkalis, telah menyepakati dan memutuskan peserta lomba yang lulus sebanyak 6 sekolah di antaranya SMK Negeri 3 Bengkalis dengan judul proposal karya ilmiahnya ”Rencana Bangun Mesin Pencetak Pelet dari Limbah Kulit Udang (Ebi) Solusi Pakan Ternak Alternatif".

Kemudian SMK Negeri 1 Rupat dengan judul proposalnya ”Pemanfaatan Limbah Jerami Padi sebagai Pupuk Kompos dengan Beberapa Aktivator Organik di Kecamatan Rupat”. Lalu SMK Negeri 3 Bengkalis ”Pemanfaatan Limbah Oli Bekas sebagai Bahan Alternatif Kompor”.
Selanjutnya SMA Negeri 1 Bengkalis ”Pembuatan Aplikasi Lowongan Kerja Paruh Waktu Berbasis Android", kemudian SMK Negeri 1 Pinggir ”Modifikasi Blender Pemecah Sampah Organik dari Barang Bekas sebagai Salah Satu Teknologi Inovasi di Bidang Pertanian", dan terakhir SMA Negeri 8 Mandau ”Pemanfaatan Serasah Pohon Kersen sebagai Bahan Dasar Alternatif Pembuatan Arang Briket".

Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis Fadhlan Fuad Daulay mengatakan LKI bertujuan untuk mewujudkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang unggul serta menggali bakat para ahli skil di Negeri Junjungan terutama bagi siswa SMA/ Sederajat.

”Persentase dan lomba karya ilmiah ini menggambarkan bagaimana penelitian yang dilakukan tiap-tiap peserta dan produk yang dihasilkan yang ujungnya menghasilkan contoh. Balitbang sendiri mengeksplorasi segala bentuk produk penelitian yang kemungkinan bisa dikembangkan bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Kepala Balitbang, Fadhlan Fuad.

Lebih lanjut Fadhlan Fuad Daulay menambahkan Balitbang Kabupaten Bengkalis terus mendorong kereatifitas adik-adik dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga apa yang menjadi temuan dan trending di tempat penelitian akan mendapat manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

”Daerah kita merupakan daerah yang strategis yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka, tentu dengan kegiatan LKI ini dapat mengisi waktu kekosongan bagi adik-adik dalam berkarya dan beraktifitas dalam menghindari pengaruh negatif dari luar,” ungkap Fuad Daulay.

Di akhir sambutannya Fuad Daulay mengatakan kedepannya Balitbang Kabupaten Bengkalis akan membuat tema lomba karya ilmiah secara spesifik sesuai dengan kecamatan dan potensi setempat. Sehingga temuan-temuan yang diteliti dapat diaplikasikan kepada masyarakat.

Dewan Juri Penilaian Dr Eng Noerdin Basir dari Politeknik Negeri Bengkalis, Dr Imam Ghozali dari STAIN Bengkalis dan Muhammad Fadhil Junery dari STIE Syariah Bengkalis serta ASN Balitbang Bengkalis. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww