Home > Berita > Umum

DPMD Indragiri Hilir Terkesan Menutupi dan Melidungi BUMDes ”Bermasalah”

DPMD Indragiri Hilir Terkesan Menutupi dan Melidungi BUMDes ”Bermasalah”
Jum'at, 02 September 2022 08:25 WIB

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Banyaknya BUMDes ”bermasalah” di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau dikarenakan lemahnya pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Bahkan terkesan DPMD seakan menutupi dan melindungi kondisi yang terjadi.

Dari berbagai informasi yang diperoleh media ini, kondisi BUMDes yang bermasalah sangatlah banyak. Bahkan ada seperempatnya saja yang sehat, sudah sangat baik.

”BUMDes di Inhil hampir semuanya bermasalah. Kalau ada 25 persen aja jalan itu sudah baik. Itu terjadi karena lemahnya pembinaan dan pengawasan dari OPD terkait," kata sumber media ini yang tidak mau namanya disebutkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Budi N Pamungkas ketika dimintai tanggapan terkait persoalan ini melalui saluran WhatsApp, Jumat (2/9/2022) mengatakan, Dinas PMD tidak akan mampu mengawasi 197 Bumdesa yang ada.

”Oleh karena kami berharap pengawasan di tingkat desa harus lebih optimal. Namun apabila ada informasi dan laporan BUMDes bermasalah sampaikan ke Dinas PMD, maka dinas PMD segera akan meminta audit khusus terhadap BUMDes tersebut," ujar Budi

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Indragiri hilir (Inhil), terkesan saling ”lempar bola” ketika dimintai tanggapannya terkait banyaknya BUMDes bermasalah di ”Bumi Hamparan Kelapa Dunia”.

Ketua terpilih DPC Apdesi Kabupaten Inhil periode 2022- 2027, Said Khairul Hanafiah, ketika dimintai tanggapannya terkait persoalan ini, oleh media, Sabtu, 27 Agustus 2022 melalui pesan WA seperti mengelak dan menyuruh minta tanggapan pada pengurus sebelumnya.

”Kurang tau saya bang, karena ketua hari ini masih H Palaloi. Saya baru terpilih dan belum di lantik,” ujarnya.
Ketika didesak media ini terkait dirinya sebagai ketua terpilih, yang bersangkutan kembali enggan memberikan komentar. ”Belum bang. Saya juga belum bisa berbuat banyak, karena nanti terlalu jauh pulak Sementara saya belum dilantik, nanti kalau ada perkembangan akan saya kabari,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi sebelumnya H Palaloi, ketika diminta komentar melalui WA dalam kesempatan berbeda, meminta media untuk menanyakan langsung dengan Ketua yang baru, sebab dirinya sudah tidak di jabatan tersebut.

”Maaf bang. saya tidak lagi Ketua Apdesi dan sekarang tidak lagi menjadi kades. Ketua sekarang bernama Said khairul. Maaf bang, kalau ada salah khilaf, terimakasih atas kerjasamanya selama ini,” pungkasnya.***

Kategori : Umum, Inhil
wwwwww