Home > Berita > Umum

Antusiasnya Warga Bengkalis Menyaksikan Turnamen Bola Voli SO PBB Cup I Tahun 2022; Ibu Hamil pun Ikut Menonton

Antusiasnya Warga Bengkalis Menyaksikan Turnamen Bola Voli SO PBB Cup I Tahun 2022; Ibu Hamil pun Ikut Menonton
Rabu, 31 Agustus 2022 19:27 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sejak dibuka oleh Bupati Bengkalis, Riau, pada Rabu, 10 Agustus kemarin, Turnamen Bola Voli Semi Open (SO) PBB Cup I yang digelar Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkalanbatang Barat hingga penutupan pada Selasa (30/8/2022) malam banyak menyimpan motivasi kepada banyak kalangan.

Dalam sambutannya, Bupati Kasmarni yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis H Bustami HY mengatakan bahwa turnamen ini merupakan kejuaraan yang bernilai penting dan strategis, karena dapat dijadikan sebagai salah satu indikator, bahwa masih berjalannya pembinaan dan pelatihan olahraga bola voli di setiap desa, khususnya dalam wilayah Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Kepada seluruh peserta turnamen, Bupati Kasmarni berharap agar senantiasa menumbuhkan dan memelihara rasa kebersamaan, sportivitas, menjunjung tinggi fair play, memperkokoh persatuan dan kesatuan serta taati ketentuan dan peraturan pertandingan yang telah disepakati bersama.

Kepada 30-an wasit pula, Bupati Kasmarni berpesan untuk menjalankan tugas dengan jujur, tegas, dan objektif. Begitu pula buat panitia penyelenggara, persiapkanlah pertandingan demi pertandingan pada turnamen ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Selanjutnya, kepada para penonton pula diharapkan Bupati Kasmarni dapat menjaga kebersihan, keamananan dan ketertiban.

Istimewa hadir dalam acara pembukaan ini Ketua Pengprov PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) Riau H Burhanudin Husin yang pernah menjadi Bupati Kampar pada 2006-2011 silam, beserta rombongan. Tak ketinggalan, Ketua Pengkab PBVSI Bengkalis, Misliadi yang saat ini anggota DPRD Provinsi Riau, Kades Meskom Usman, Kades Pambang Pesisir Pasla, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kades Azmi Yulfikar beserta perangkat desa juga wasit dan undangan lainnya.

Sebanyak 25 klub putri yang bertanding dalam 2 partai perhari dimulai pada pukul 14.00 WIB dan 25 klub putra bakda Isya yang 50 klub ini bisa disebut sebagai para pahlawan pengisi kemerdekaan bertanding dalam turnamen yang dilaksanakan di Lapangan Bola Voli Bhakti Club, Dusun Karya Bakti dengan memakai sistem gugur ini.

Jika pada partai putri di petang hari tidak begitu ramai masyarakat yang datang menyaksikan, beda dengan partai putra yang bermain di bawah 8 buah lampu hologen yang terang dengan dukungan pihak PLN ditonton tak kurang 500-an penonton yang bukan saja kaum bapak, juga terlihat kaum ibu dengan membawa anak balitanya termasuk perempuan hamil juga hadir dalam event yang julung kali digelar Pemdes Pangkalanbatang Barat ini.

Pernah jadwal pemadaman listrik bergilir di beberapa desa sekitar lapangan voli ini, namun hal itu tidak dilakukan pihak PLN di lapangan Bhakti Club sehingga turnamen berjalan dengan lancar. Pernah pula 3 kali hujan turun, tapi atas rida Allah Swt permainan juga berlangsung tanpa kendala.

Wartawan media ini coba meminta tanggapan beberapa narasumber akan kelemahan turnamen dengan menurunkan 3 tim putra dan 3 tim putri desa ini dengan coach Kelana sapaan dari Khaidir ini sebagai pelatih dengan masa kontrak selama 3 bulan. Para narasumber umumnya memberikan tanggapan positif sebagaimana diungkapkan dari manajer Pematangduku Timur, Kades Sekodi, Kades Pambang Pesisir, pemain Bantantua, coach Pedekik dan pemain, warga Teluklatak, juga Sultan yang masih pelajar kelas V SD.

Kerja keras puluhan panitia pelaksana benar-benar sukses. Mereka melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya tak terkecuali baliho yang pakunya lepas segera mereka diperbaiki sehingga rapi kembali, pengaturan parkir yang maksimal sehingga tidak ada menghambat arus jalan raya, begitu juga kopi dan teh hangat disajikan kepada wasit, didukung sekitar 10 kantin siap memberikan jasa delivery kepada penonton yang tidak bisa meninggalkan tempat duduknya yang bisa saja akan diambil penonton lain.

Para supporter dari jauh yang menempuh perjalanan lebih satu jam, pemain yang melewati kawasan banjir semua terlihat mereka jalani untuk berbaur bersama supporter lawan dalam satu silaturahmi berasaskan sportivitas yang tinggi.

Beberapa kepala desa, Anggota DPRD H Arianto, karyawan, PNS akan menyelinap hadir tanpa embel-embel untuk melihat skill, kemampuan dan improvisasi yang perlu diciptakan setiap pemain karena beda even, beda lawan, beda lapangan, beda waktu maka harus menemukan titik lemah lawan dengan memunculkan potensi diri sendiri atas diri para pemain masing-masing.

Selain hal di atas, awalnya panitia tidak ada wacana untuk menyiapkan piala bergilir, akhirnya melalui Bank Riau Kepri Syariah Cabang Bengkalis 2 piala bergilir untuk juara I putra dan putri, 72 medali baik emas, perak maupun perunggu diberikan bank yang beralamat di Jalan Pahlawan ini.

Sebuah kerinduan segera menyeruak akan Turnamen Bola Voli PBB Cup II tahun 2023 mendatang. Wallahu'alam Bissawabb. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww