Home > Berita > Umum

Provinsi Lain Sudah Miliki Tol, Sumbar Masih Berkutat soal Pembebasan Lahan

Provinsi Lain Sudah Miliki Tol, Sumbar Masih Berkutat soal Pembebasan Lahan
Minggu, 28 Agustus 2022 23:39 WIB
PADANG, POTRETNEWS.com — Lambannya pembangunan tol Padang-Pekanbaru disesalkan warga Sumatera Barat. Ketua DPRD Sumbar Supardi menyebut ancaman inflasi Sumatera Barat semakin tinggi akibat biaya distribusi yang mahal.
Supardi menjelaskan pembangunan tol Padang-Pekanbaru sangat penting untuk menekan biaya distribusi. Jika tol tersebut gagal dibangun, maka ancaman inflasi akan tinggi. ”Kalau sempat tol ini tidak dibangun, habislah Sumbar,” kata Supardi, dilansir minews.id.

Dia melihat pembangunan tol di Sumbar sangat memalukan. Pasalnya, provinsi lain sudah memiliki tol untuk mempermudah distribusi barang. Sumbar masih berkutat pada masalah pembebasan lahan yang hingga kini baru mencapai 77 persen.

“Pembebasan lahan merupakan masalah yang kompleks karena melibatkan banyak oknum yang mengaku sebagai pemilik lahan,” katanya.

Menurutnya persoalan seperti itu akan membuat proses pembangunan tol Padang-Pekanbaru semakin lama. Pemprov Sumbar sebaiknya menitipkan uang ganti rugi ke pengadilan agar proses pembebasan sampai pembayaran berjalan lancar.

Namun, Pemprov Sumbar sampai saat ini belum melakukan itu. ”Pemprov Sumbar seharusnya malu, pembangunan tol di provinsi lain sudah selesai, sementara Sumbar masalah lahan saja tak kunjung selesai,” teranya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan inflasi Sumbar nomor dua tertinggi secara nasional. Inflasi Sumbar mencapai angka 8,01 perse secara tahunan. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum
wwwwww