Home > Berita > Umum

Kini Unilak Punya Prodi Teknologi Hasil Pertanian

Kini Unilak Punya Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Jum'at, 26 Agustus 2022 09:35 WIB
Abdul Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Program Studi Teknologi Hasil Pertanian resmi berdiri di Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru. Setelah keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2022 nomor 4708/E1/HK.03.00/2022 yang memutuskan izin pembukaan Prodi Teknologi Hasil Pertanian(THP) Program Sarjana pada Universitas Lancang Kuning, yang ditandatangani oleh Prof Nizam pada 18 Agustus 2022.

Rektor Unilak Dr Junaidi saat ditemui Kamis (25/8/2022) di ruang kerjanya mengucapkan syukur atas keluarnya izin dari Kementerian. Dijelaskan, Prodi THP didirikan untuk menghasilkan tenaga SDM berkualitas bidang pertanian khususnya teknologi.

Junaidi mengatakan, saat ini pertanian menjadi penopang hidup negara-negara didunia, karena setiap orang membutuhkan pangan yang dihasilkan dari lahan pertanian, penerapan teknologi dalam pertanian tentunya memberikan manfaat besar bagi kehidupan.

”Di masa sekarang pertanian telah berubah ke arah teknologi dan industri, artinya mahasiswa yang memilih prodi THP memiliki prospek yang cerah di masa depan, pertanian tidak akan mungkin ditinggalkan karena pertanian menghasilan pangan bagi manusia. Hadirnya THP merupakan upaya Unilak memberikan solusi yang sangat besar dan diperlukan masyarakat modern saat ini sehingga lahir SDM-SDM berkualitas dalam bidang teknologi pertanian,” ujar dia.

Lebih lanjut dikatakan Junaidi, bahwa prodi ini sangat kekinian. Memberikan contoh, berkaca pada kasus Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun, sektor pertanian mampu tumbuh dan menopang krisi, bahkan pertanian dengan basis teknologi berjalan dengan cepat dan pesat.

Ia menyebut, Prodi THP hadir di Unilak dan Riau saat kondisi yang tepat, dan ini tentu saja sejalan dengan keingingan pemerintah Riau dan Presiden agar perguruan tinggi berinovasi melahirkan prodi baru sesuai perkembangan zaman.

Dikatakan juga, Prodi THP hadir di Unilak karena kebutuhan teknologi bidang pertanian dalam mendukung program pemerintah Indonesia, dan kebutuhan masyarkat di masa depan.
”Kami bersyukur prodi ini telah keluar SK nya, ini sejalan dengan percepatan visi Unilak unggul. Kami yakin prospek lulusan Prodi ini cerah, untuk dosen kami telah merekrut putra putra terbaik Riau lulusan universitas terbaik, dosen muda, energik dan memiliki visi," ucapnya.

Junaidi yang juga tokoh pendidikan Riau ini memberikan apresiasi kepada tim Fakultas Pertanian yang telah bekerja keras untuk menghadirkan Prodi THP.
Sementara itu Wakil Rektor I Unilak bidang Akademik Dr Zamzami MKKom mengatakan, bagi mereka/calon mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah di prodi ini, ada banyak potensi dan peluang kerja di antaranya’ industri pegolahan pertanian, Kementerian Pertanian, peneliti, BPOM, manajer pengembangan produk, wirausaha, pengusaha olahan pangan, dan tenaga pendidik.

Dengan berdirinya Prodi THP, imbuh Zamzami, maka hingga kini Unilak telah memiliki 24 Prodi Sarjana dengan rincian; Administrasi Publik, Akuntansi, Manajemen, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Desainj Interior, Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Hukum, Sastra Daerah, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Ilmu Perpustakaan, Kehutanan, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Bisnis Digital, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif.

Dalam beberapa kesempatan, Rektor Unilak Junaidi menargetkan, pada akhir tahun 2023 total ada 35 prodi yang baik di program sarjana maupun pascasarjana. Ini dilakukan dalam rangka melakukan percepatan visi Unilak Unggul 2030. ***

Kategori : Umum
wwwwww