Home > Berita > Umum

Dengan Dana Rp10 Juta Plus Partisipasi Donatur, STQ Pangkalanbatang Bengkalis Sukses Terlaksana seperti MTQ

Dengan Dana Rp10 Juta Plus Partisipasi Donatur, STQ Pangkalanbatang Bengkalis Sukses Terlaksana seperti MTQ

Panitia Pelaksana STQ Tingkat Desa Pangkalanbatang, foto bersama, Senin (22/8/2022).

Selasa, 23 Agustus 2022 13:16 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Tepat pukul 21.51 WIB pada Senin, 24 Muharram 1444 Hijriyah bersamaan dengan 22 Agustus 2022, Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Desa Pangkalanbatang resmi ditutup Kepala Desa (Kades) Faisal.

Kepada tiga orang Dewan Hakim yang bertugas sejak Sabtu malam Ahad (20/08/2022) kemarin yaitu Ustadz Muhammad Ilyas, Ustaz Hasan Basri dan Ustazah Zaitun, panitia menyerahkan cendera mata atas suksesnya tanggung jawab yang mereka emban.

Ustaz Alizar yang membacakan Keputusan Dewan Hakim mengumumkan Dewi Rafika sebagai pembaca terbaik STQ Tingkat Desa Pangkalanbatang tahun 2022. Di hadapan hadirin, Dewi Rafika memperdengarkan bacaan ayat-ayat suci Alquran dengan merdunya.

Acara selanjutnya pembacaan do' yang dipandu Ustaz Muhammad Ilyas ini terlihat diamini Anggota DPRD H Mawardi, Kades Faisal, Ketua LPTQ Zulfan Ikhram SPdI MA, LAMR desa, anggota BPD, perangkat desa dan ratusan hadirin.

Ketua Panitia, Jasnarudin dalam sambutannya menyampaikan STQ kali ini memperlombakan cabang lomba golongan Tartil, tilawah anak-anak, tilawah remaja, dan tilawah dewasa dengan total peserta seramai 43 orang.

”Inilah qari qariah kita yang akan tampil mewakili Desa Pangkalanbatang ke tingkat Kecamatan Bengkalis yang kalau tidak salah sesuai jadwal yang disampaikan Ketua LPTQ dilaksanakan tanggal 5 September 2022 mendatang," kata Jasnarudin seraya menambahkan STQ tersebut serasa MTQ yang terlaksana atas rasa optimisme tekad yang kuat dan persatuan segenap lapisan masyarakat, pemdes, panitia pelaksana serta para donatur yang bukan saja berada di luar pulau bahkan di luar negara.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis H Mawardi dalam sekapur sirih seulas pinangnya menginginkan agar STQ tadi dijadikan sebagai ladang kebaikan, ladang silaturahmi, ladang ketakwaan yang sebenarnya tujuan dibuatnya STQ tersebut.

”Jadikan Quran ini berada di dalam hati kita. Alim ulama mengatakan sekurang-kurangnya kita setiap hari membaca 10 ayat. Kalau dapat 1 juz 1 hari, sebulan khatam Quran," kata H Mawardi yang berharap setelah selesainya STQ tersebut di setiap rumah terdengar bacaan ayat suci Alquran oleh anak-anak masing-masing.
Mawardi berharap ke depannya, Pemdes Pangkalanbatang meningkatkan anggaran dana tapi kualitas anak-anak dan jumlah peserta peserta STQ atau MTQ lebih ditingkatkan lagi.

Kepada peserta STQ yang tidak mendapat juara pertama, H Mawardi pula berharap jangan menjadi minder dan lemah, harus meningkatkan lagi kemampuan di masa yang akan datang.

Kades Faisal sebelum menutup STQ menyampaikan pelaksanaan STQ memiliki nilai strategis dalam rangka membangun sumber daya manusia unggulan karena umat Islam lebih dekat kepada Alquran.

”Ayat Alquran dibaca dengan lantunan yang pas dapat menggetarkan hati manusia dan tidak sedikit menyatakan masuk Islam. Di antara bukti sejarah, masuk Islamnya Saidina Umar yang awalnya menentang dakwah yang dilakukan Rasulullah SAW tetapi setelah mendengar secara langsung untaian ayat dari Surah Thaha yang dilantunkan keluarganya yang lebih dahulu masuk Islam, hatinya bergetar hebat yang kemudian menuntunnya masuk Islam," ungkap Kades Faisal dengan himbauan kepada LPTQ agar program pembinaan pemuda pemudi di desanya seoptimal mungkin dan harapan beliau kepada segenap hadirin kedepannya pelaksanaan acara serupa lebih meriah lagi.

Jasnarudin setelah selesainya acara melalui media ini mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh masyarakat melalui tokoh-tokoh masyarakat terutama 3 Ketua RW dan 15 Ketua RT. "Inilah kekuatan kami yang kami galang untuk menghimpun dana-dana dari masyarakat. Alhamdulillah, kami atas nama panitia tanpa dukungan dari masyarakat mustahil ini dapat terlaksana dengan baik. Tapi Alhamdulillah, karena ini menyangkut agama Allah, masyarakat kita mendukung dan memberikan bantuannya," tutur Jasnarudin kepada potretnews.com, Senin (22/8/2022).

Ketua LPTQ Desa Pangkalanbatang, Zulfan Ikhram mengucapkan syukur. "Alhamdulillah setelah ini kita akan mentraining centerkan anak-anak kita yang bakal menjadi kafilah di MTQ tingkat Kecamatan Bengkalis awal September 2022 nanti. Subhanallah, luar biasa karena inilah STQ yang menjadi sumber inspirasi bagi kita karena partisipasi masyarakat ikut andil dalam menyukseskan STQ ini. Terima kasih kepada ketua panitia dan warga Desa Pangkalanbatang termasuk pemdes karena sudah memberi yang terbaik untuk STQ ini sampai-sampai donatur bukan hanya dari desa ini tapi dari luar desa bahkan sampai dari luar negeri mengalir datang untuk pelaksanaan STQ ini," ungkap Zulfan Ikhram.

Senada dengan Zulfan ikram, Kades Faisal mengucapkan terima kasih kepada para donatur sehingga kedepannya Pemdes Pangkalanbatang akan membesarkan dana untuk pelaksanaan MTQ.

"Pesan saya kepada Ketua LPTQ Desa Pangkalanbatang untuk bisa lebih membina anak-anak kita sejak dini untuk lebih baik kedepannya," harap Kades Faisal.

Sebelum bermulanya acara tampil Muhammad Sapikri menyampaikan syair karya Buya H Amrizal yang mengisahkan Tuan Guru Ahmad dan penampilan Grup Sholawat Permata Az-Zahra membawakan dua lagu religi. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww