Home > Berita > Umum

Profil Farel Prayoga, Penyanyi Cilik yang Sukses Bikin Istana Negara ”Bergoyang”

Profil Farel Prayoga, Penyanyi Cilik yang Sukses Bikin Istana Negara ”Bergoyang”
Minggu, 21 Agustus 2022 09:39 WIB

BANYUWANGI, POTRETNEWS.com — Usaha tak akan menghianati hasil. Pepatah ini agaknya memang sangat cocok buat Farel Prayoga. Ya, Farel Prayoga adalah penyanyi cilik asal Banyuwangi yang belakangan menyita perhatian publik di Tanah Air.

Bagaimana tidak. Farel Prayoga awalnya dikenal lantaran video potongan dirinya menyanyi lagu Ojo Dibandingke viral di TikTok. Puncaknya adalah ketika Farel Prayoga tampil di Istana Negara membawakan lagu yang sama dan membuat para pejabat penting negara bergoyang gembira.

Farel Prayoga sebelum terkenal seperti saat ini adalah seorang pengamen di Banyuwangi. Lalu siapa yang mengajari Farel hingga tanpa canggung tampil di depan para pejabat negara?
Rupanya selain memang mentalnya yang sudah terbentuk karena sering mengamen, vokal khas Farel tersebut berkat didikan tangan dingin musisi muda Wandra Restusiyan.

Melalui sekolah musik One Nada yang ia pimpin, Wandra bisa dibilang sukses mendampingi Farel Prayoga hingga vokalnya terbentuk. Meski les vokal hanya tiga bulan, namun karakter suara bocah asal Dusun Sumberejo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi itu sudah nampak.

"Dari awal Farel memang punya suara khas," kata Wandra saat ditemui Kompas.com di studio miliknya, Sabtu (20/8/2022).

Wandra menceritakan awal mula Farel belajar di sekolah musiknya karena sang ayah. Saat itu sekitar tahun 2019, ayah Farel, Joko Suyoto menitipkan anaknya ke sekolah musiknya, dengan harapan Farel dapat menjadi penyanyi profesional. Joko, kata Wandra, melihat si Farel punya bakat menyanyi.

Agar terarah, Joko kemudian mengantarkan Farel ke sekolah musik yang milik Wandra untuk belajar olah vokal. "Pak Joko datang ke sini. Waktu itu bilang pokoknya Farel biar belajar olah vokal menyanyi di sini," terang Wandra, dilansir Tribunjogja.com.

Setelah menjalani tes suara, Farel pun diterima. "Sejak saat itu Farel belajar olah vokal, cengkok, belajar tangga nada dan lain sebagainya," ucapnya. Menurut Wandra, Farel adalah tipe anak yang gampang menerima pelajaran. Apa yang diajarkan guru vokal selalu mampu ia laksanakan.

”Gampang nyantolan anaknya," kata pelantun lagu Kelangan itu. Namun tak lama setelah les vokal, Joko akhirnya menarik Farel dari sekolah musik milik Wandra itu karena pandemi Covid-19. Sejak saat itu Farel tak lagi belajar di 'One Nada Music School'. "Karena Covid-19, ayah Farel akhirnya pamitan," ungkap Wandra.

Wandra pun saat itu juga hilang kontak dengan Joko maupun Farel sendiri. Mereka bahkan tidak saling memberi kabar karena terhalang pandemi. Lama tidak ada komunikasi dengan Farel, suatu ketika Wandra melihat unggahan di media sosial, ada seorang anak kecil bersama ayahnya sedang mengamen di pasar.

Setelah diamati, Wandra tidak menyangka bahwa sosok bocah yang mengamen bersama ayahnya tersebut adalah mantan anak didiknya. ”Saya kaget, lho kayak Farel. Tenyata setelah saya amati benar itu Farel, akhirnya saya ajak kembali ke studio. Tapi untuk rekaman," ujar Wandra.

”Saya kontak kembali itu pun susah, karena nomer teleponnya sudah ganti. Akhirnya dengan berbagai cara saya dapat kontaknya," imbuhnya.

Saat itu cover lagu yang pertama kali dinyanyikan oleh Farel saat rekaman adalah lagu Cak Nan yang berjudul ”Satru 2”. Saat rekaman itu Wandra kaget, karena vokal Farel sudah terbentuk. Telenta keartisan Farel Prayoga pun ternyata juga sudah mulai terlihat.

”Ternyata setelah lama enggak ketemu, vokal Farel sudah mulai matang. Dia begitu piawai menyanyikan lagu itu," tutur Wandra.

Akhirnya lagu demi lagu berbahasa Jawa dan Osing pun berhasil dinyanyikan oleh bocah kelas 6 SD Negeri 2 Kepundungan itu. Termasuk lagu yang belakangan viral berjudul 'Ojo Dibandingke' ciptaan Abah Lala tersebut, juga tak luput masuk dapur rekaman dan dinyanyikan oleh Farel. Wandra tak menyangka lagu yang diupload di channel YouTubenya tersebut viral di jagat media sosial hingga Farel dundang manggung ke Istana. ”Rejeki memang tidak mungkin tertukar," ujarnya.

Kini nama Farel Prayoga kian melambung tinggi. Wandra yang sejak awal mendampingi Farel hanya bisa berdoa yang terbaik untuknya. "Saya atas nama pribadi maupun manajemen One Nada mengucapkan selamat kepada Farel. Tetap rendah hati dengan pencapaian saat ini," ucapnya.

Wandra juga berpesan kepada orang-orang disekitar mantan anak didiknya itu agar tetap memposisikan Farel sebagaimana anak-anak di usianya. "Jangan terlalu diforsir, kasihan kesehatan fisik dan mentalnya terkuras. Manggung tetap jalan, tapi pendidikan juga harus diperhatikan," terangnya. Baca juga: Farel Prayoga Kembali ke Banyuwangi, Akan Langsung Bertemu Bupati Ipuk

Diakui Wandra, hadirnya Farel Prayoga dengan menyanyikan lagu daerah yang berhasil mengguncang tanah, air merupakan angin segar di dunia musik Indonesia. "Farel bisa jadi pemantik semangat bagi musisi daerah-daerah di seluruh Indonesia, di tengah gempuran musik-musik barat. Bahwa lagu daerah saat ini dapat diterima jika disajikan dengan apik," tutup Wandra.

Farel Prayoga adalah musisi cilik asal Dusun Sumberejo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi, kelahiran 8 Agustus 2010. Anak ketiga dari empat bersaudara itu sukses menyanyikan lagu ”Ojo Dibandingke” di depan Presiden Jokowi, tamu negara hingga para kabinet, saat perayaan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta, pada 17 Agustus 2022.

Suara khas bocah kelas 6 SDN 2 Kepundungan, Kecamatan Srono, Banyuwangi itu, sukses menggoyang semua orang yang berada di Istana Negara. Farel awalnya datang ke depan panggung utama, tempat Jokowi duduk. Dia kemudian melambaikan tangan kepada para tamu undangan di Istana. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum
wwwwww