Home > Berita > Umum

Lewat Permainan Memeriahkan HUT RI, SDN 17 Bengkalis Tanamkan Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme

Lewat Permainan Memeriahkan HUT RI, SDN 17 Bengkalis Tanamkan Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme

Pelajar SDN 17 Bengkalis tengah berlomba mengisi air ke dalam botol saat mengikuti permainan dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022, Kamis (18/8/2022).

Kamis, 18 Agustus 2022 16:05 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com —Setelah Rabu semalam melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI tahun 2022 bertempat di SMAN 4 Bengkalis, Riau, ratusan pelajar SDN 17 Bengkalis selanjutnya mengikuti kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di halaman sekolah yang terletak di Jalan Gebat Putra Desa Sebauk, Bengkalis Riau, Kamis (18/8/2022).

”Alhamdulillah, pada hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan memeriahkan suasana hari kemerdekaan. Sama-sama kita ketahui, setelah lebih kurang dua tahun tidak melaksanakan agenda seperti ini, Alhamdulillah tahun 2022 kita kembali bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan permainan anak-anak yang kita inginkan," kata Plt Kepala SDN 17 Bengkalis, Helmi,SAg kepada potretnews.com, Kamis (18/8/2022).

Masih kata Helmi, permainan ini nuansanya adalah patriotisme, nasionalisme kepada anak-anak kita. ”Alhamdulillah, antusias anak-anak kita terhadap permainan ini begitu senang dan kita juga berusaha bagaimana untuk menyenangkan hati anak-anak di dalam mengikuti kegiatan permainan yang hanya ala kadarnya saja namun rasa patiotisme dan nasionalisme terhadap memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Dia menyebut, permainan di sekolah ini akan dilaksanakan selama tiga hari. Tadi hari pertama, terlihat diikuti siswa kelas I sampai kelas III yang bermain memindahkan 5 buah pinang, mengisi air ke dalam botol, memakai baju Pramuka, makan kerupuk dan memasukkan bola tenis meja ke gelas air mineral dengan cara ditiup. Suasana riuh berbaur dengan tepuk tangan dari teman-teman yang tengah berlomba. Para bapak dan ibuk guru pula selalu memandu agar permainan berjalan dengan lancar.

”Insya Allah, permainan ini dilaksanakan sampai Sabtu mendatang. Hadiah yang disiapkan hanya seadanya, yang penting bermain namun menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme tadi kepada mereka, anak-anak di SD ini,” ungkap Helmi.

Pantauan wartawan media ini di lapangan, para pelajar di sekolah ini memiliki mental yang besar dan tentunya menjadi modal utama untuk mengukir prestasi di masa-masa mendatang.

”Mungkin ini merupakan hal-hal yang baik. kemarin saya juga sudah menyampaikan bahwa ini merupakan suatu ajang setelah beberapa tahun sebelumnya tidak dilaksanakan (karena Covid-19, red). Yang kita ketahui bahwa anak-anak setelah tamat dari SD ini melanjutkan pendidikan ke SMP atau MTs maupun pesantren selalu tampil. Kami akan menyesuaikan nanti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini agar anak-anak kita tidak vakum saat berada di sekolah yang lebih tinggi, mereka mampu beradaptasi. Yang jelasnya, yang saya perhatikan saat mereka sudah menyelesaikan pendidikan di SD ini, misalnya saat upacara HUT RI kemarin di SMAN 4 Bengkalis, anak-anak tamatan di sini baik yang di SMPN 7 Bengkalis di Teluk Latak, mereka tampil sebagai Paskibra (pasukan pengibar bendera)nya. Begitu juga di beberapa sekolah lain, mereka terpilih. Begitu juga di pondok pesantren, mereka juga mampu tahfidz dan lainnya,” beber Helmi pula.

Diakui Plt Helmi, penyaluran bakat anak-anak tidak terlepas dari beberapa faktor, yang jelas dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Jika tiga poin ini kita abaikan maka sulit bagi kita bagaimana untuk perkembangan anak ke depannya.

”Kami dari pihak sekolah berusaha semampu kami untuk memberikan pendidikan, apakah dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler maupun lainnya sebagai pendukung mengejar cita-cita mereka. Kita ketahui juga dalam sepekan dengan waktu yang terbatas bagi kami untuk memberikan sumbangsih ilmu kepada mereka akan dapat dilengkapi di rumah maupun di lingkungan masyarakat mereka," terang Helmi mengakhiri wawancara untuk segera makan siang di ruang sementara majelis guru mengajak jurnalis media ini menikmati sayur pisang ”Boyan", sambal jengkol, ikan parang dan Mbiang goreng kunyit, teh dan kopi hangat serta cuci mulut buah kuini. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww