Home > Berita > Umum

Perkuat Koordinasi, KPID Riau Gelar Pertemuan bersama KPID Yogyakarta

Selasa, 16 Agustus 2022 12:28 WIB
Wahyu Abdillah
perkuat-koordinasi-kpid-riau-gelar-pertemuan-bersama-kpid-yogyakartaSuasana pertemuan Komisioner KPID riau dengan jajaran KPID Yogyakarta/F-KPID RIAU

YOGYAKARTA, POTRETNEWS.com — Dua Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau melakukan kunjungan kerja ke KPI Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka rapat koordinasi di Kantor KPI DIY, Jalan Brigjen Katamso, pada Selasa (16/8/2022) pagi.

Kedatangan Falzan Surahman bersama Mario Abdillah Khair disambut Wakil Ketua KPID DIY Agnes Dwi Rusjiati, ditemani sejumlah komisioner dan staf.

Dalam pengantar singkatnya, Falzan yang merupakan Ketua KPID Riau menjelaskan maksud dari kunjungan lembaganya ke KPID DIY, yaitu selain dalam rangka menyambung tali silaturahmi, juga memperkuat koordinasi sesama KPID dalam upaya mempertahankan eksistensi di daerah masing-masing.

”Pada semester kedua tahun 2022 ini, kami (KPID Riau, red) memutuskan untuk melakukan kunjungan kerja ke KPID Yogyakarta. Karena ada beberapa ’keunggulan’ yang tak dimiliki KPID provinsi lain,” kata Falzan, melalui keterangan tertulis kepada potretnews.com.

Pada kesempatan itu, Falzan menanyakan beberapa hal terkait kegiatan, anggaran, koordinasi dengan pemerintah provinsi dan DPRD, eselonisasi, jumlah lembaga penyiaran (LP), hingga bagaimana KPID DIY melakukan pengawasan terhadap LP.

Menanggapi soal itu, Wakil Ketua KPID DIY Agnes Dwi Rusjiati menjelaskannya secara komprehensif. Menurut dia, KPID DIY terus berupaya melakukan kegiatan literasi media kepada masyarakat agar dapat memilah dan menyaring informasi. ”Ini salah satu ikhtiar agar KPID tetap eksis di Yogyakarta,” tutur Agnes.

Agnes mengakui, dukungan yang diberikan Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas Kominfo setempat beserta DPRD membuat program kerja yang disusun berjalan sesuai rencana. Saat berlangsungnya rapat koordinasi, tepat jam 10.00 WIB tiba-tiba terdengar aba-aba dari speaker agar semua orang di dalam Kantor KPID DIY menghentikan aktivitas dan langsung mengambil posisi tegak sempurna untuk menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah selesai, Agnes menjelaskan bahwa hal itu sudah menjadi ketetapan di wilayah DIY setiap jam 10 pagi seluruh instansi wajib memutar lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan setiap warga ikut menyanyikan bak upacara.

Komisioner KPID DIY yang turut menemani Agnes pada pertemuan itu yakni; Hazwan Iskandar Jaya (bidang kelembagaan), Noviati Roficoh ((bidang pengawasan isi siaran), I Made Arjana Gumbar (bidang pengawasan isi siaran), dan Febriyanto (bidang pengelolaan struktur dan system siaran [PS2P] atau populer disebut bidang perizinan). Usai repat koordinasi, Falzan dan Mario meninjau ruangan pemantau siaraan. ***

Kategori : Umum
wwwwww