Home > Berita > Umum

Kapolda Sumut Diminta Turunkan Tim Khusus Berantas Peredaran Narkoba di Pematangsiantar

Kapolda Sumut Diminta Turunkan Tim Khusus Berantas Peredaran Narkoba di Pematangsiantar

Gambar hanya ilustrasi, tidak terkait dengan berita. Sumber foto: KOMPAS.com

Selasa, 09 Agustus 2022 17:10 WIB
Zoro

PEMATANGSIANTAR, POTRETNEWS.com — Sejumlah warga di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut), meminta petugas kepolisian setempat melakukan razia di sekolah guna mencegah peredaran narkoba di sejumlah tempat di daerah itu.

”Masalah peredaran narkoba yang sudah merambah berbagai kalangan harus disikapi secara serius dan harus menjadi pusat perhatian dan menjadi ’PR’ bersama untuk diselesaikan,” kata seorang warga yang meminta identitasnya tidak ditulis, Selasa (9/8/2022).

Warga tadi yang tergolong tokoh masyarakat bahkan meminta agar Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dapat bertindak tegas dengan menurunkan tim terselubung untuk menangkap sindikat narkoba.

Karena menurut warga tersebut, kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Pematangsiantar tergolong tinggi. Apalagi bahaya narkoba tidak saja mengancam kaum dewasa namun juga kalangan anak di bawah umur dengan status pelajar.

Sementara itu, sejumlah warga Gang Pangulu Lama, Kelurahan Nagapitu, Kecamatan Siantar Martoba, mengaku heran dengan keberanian sekelompok orang yang diduga sebagai sindikat penjual sabu.

Sebab, menurut warga di gang tersebut, para terduga gerombolan pengedar narkoba sabu-sabu seperti tak bergeming dan tetap beroperasi mengedarkan barang terlarang. Berdasarkan informasi yang diterima media, hingga Selasa (9/8/2022), terduga sindikat penjual sabu-sabu masih terus beroperasi layaknya bagai tanpa mengalami kendala.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/10082022/potretnewscom_ynr9v_2427.jpgKasat Narkoba Polres Pematangsiantar AKP Rudi Panjaitan.

”Memang aneh, kok pihak berwajib sepertinya belum mampu menertibkan penjualan-peredaran Sabu yang sudah menjadi rahasia umum di sini," ujar lelaki paruh baya berkulit sawo matang yang mengaku resah daerah permukimannya dikotori gerombolan pengedar Sabu tersebut.

Warga itu mengakui kelihaian gerombolan terduga pengedar mengatur dan mengamankan peredaran sabu yang sampai saat ini bisa berjalan terus. ”Kalau tidak, mana mungkin bisa berjalan mulus,” cetus warga lainnya dengan nada gemas bagai menahan marah.

Sumber mengatakan, jika pihak Polres Pematangsiantar, benar-benar serius mau menghentikan peredaran sabu-sabu, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi warga setempat menduga, sepertinya ada semacam ”kongkalikong”.

Sumber lain juga mengharapkan kepedulian Kapolda Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, untuk menerjunkan tim khusus guna menyikat habis sindikat pengedar-penjual sabu di kawasan Jalan Medan, Gang Pangulu Lama dekat RS Horas Insani, dan di Jalan Teratai, Gang Dame yang telah dicap warga Pematangsiantar sebagai basis peredaran narkoba.

Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar AKP Rudi Panjaitan yang dikonfirmasi kembali Senin (8/8/2022) siang melalui pesan WhatsApp menjawab singkat: ”Siap bapak, segera ditindaklanjuti.” ***

Kategori : Umum
wwwwww