Home > Berita > Umum

30 Warga Bengkalis yang Sudah Punya Pasangan Resmi Ikut Kegiatan ”Pusaka Sakinah”

30 Warga Bengkalis yang Sudah Punya Pasangan Resmi Ikut Kegiatan ”Pusaka Sakinah”
Senin, 08 Agustus 2022 15:25 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bengkalis, kembali melaksanakan kegiatan Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) gelombang II dengan tema ”Belajar Rahasia Nikah (Berkah) Relasi Harmonis dan Ekonomi Keluarga” bertempat di Mushalla Al-Ikhlas Kantor Kementerian Agama Bengkalis di Jalan Kelapapati Darat, Sabtu (6/8/2022) kemarin.

Ketua Panitia Pelaksana Arpiyon Asri dalam laporannya menyampaikan, peserta yang mengikut kegiatan ini berjumlah 30 orang yang seluruhnya berasal dari Kecamatan Bengkalis khususnya yang sudah mempunyai pasangan resmi dengan usia lama menikah minimal 2 tahun.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sampai Ahad 7 Agustus 2022 ini menghadirkan narasumber-narasumber yang sudah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis.

”Dengan membaca Basmalah, Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) gelombang II, kegiatan Kantor Urusan Agama (KUA) Bengkalis, secara resmi dibuka,” kata Kepala Kantor Kemenag, H Khaidir.

Kepada seluruh peserta, Khaidir berharap agar mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.
”Mudah-mudahan ini bisa menjadi bekal bagi pasangan suami istri dalam membina rumah tangga, agar menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Kemudian dalam membangun rumah tangga antara suami isteri harus saling berkomunikasi dalam menyelesaikan permasalahan, berbincang, bermusyawarah, gunakan akal pikiran dalam mengambil keputusan bersama,” harapnya.
Sementara itu Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan mengapresiasi kegiatan Pusaka Sakinah ini. Diharapkan kegiatan ini bukan hanya sebatas program saja namun bisa membumi dalam kehidupan sehari-hari.

”Suami isteri harus berusaha meningkatkan kesejahteraannya, baik dari segi ekonomi maupun yang lainnya. Saling keterbukaan dan saling menjaga kerahasiaan karena kesejahteraan itu sangat menentukan ketahanan keluarga. Selain itu, antara suami isteri harus bisa menjaga hubungan yang harmonis dalam menjalani kehidupan ini,” pesannya.

Kegiatan Pusaka Sakinah merupakan ikhtiar Kementerian Agama RI dengan biaya yang bersumber dari APBN dan PNBP-NR sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan makna perkawinan sebagai tali ikatan yang kokoh untuk mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah. Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Bengkalis.

Turut hadir dalam pembukaan antara lain; Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Islam Mahzum, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bengkalis Suhardi, dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Bengkalis. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww