Home > Berita > Umum

Arianto Ingatkan Remaja Bengkalis soal Ancaman Degradasi Moral lewat Narkoba dan Teknologi

Arianto Ingatkan Remaja Bengkalis soal Ancaman Degradasi Moral lewat Narkoba dan Teknologi

Muhammad Arianda, qari terbaik MTQ ke-13 Tingkat Desa Kelapapati (atas), H Arianto menyerahkan hadiah kepada seorang peserta juara pertama (bawah), Sabtu (6/8/2022) malam..

Minggu, 07 Agustus 2022 16:23 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com —"Dengan mengucapkan Alhamdulillahirabbil'alamin, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-13 tingkat Desa Kelapapati tahun 2022, saya nyatakan ditutup," kata Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Riau, H Arianto, Sabtu (6/8/2022) malam pukul 21.32 WIB.

Sebelum menutup MTQ ini, dalam sambutannya, Arianto mengatakan ajang MTQ merupakan salah satu wadah bagi anak-anak untuk mengukur kemampuan yang telah dilatih.

”Kita sudah mendengarkan bacaan mereka, ini merupakan satu hal yang positif dalam rangka pembinaan para generasi muda kita seperti apa yang disampaikan oleh Camat Bengkalis pada malam pembukaan bahwa pulau (Bengkalis) ini salah satu pulau yang terkenal di Indonesia tapi sangat disayangkan dikenal lewat hal yang bukan seperti yang kita laksanakan (MTQ) ini tapi lewat hal yang berbau sedikit negatif yaitu lewat narkotika yang salah satu pintu masuknya ada di pulau ini," keluh Arianto.

Oleh sebab itu dengan kondisi yang kami sampaikannya, Arianto mengajak para hadirin untuk bersama-sama menjaga generasi muda yang diakuinya juga punya anak remaja. Hari ini, berperang tidak lagi dengan fisik tapi dengan teknologi salah satu di antaranya lewat narkotika dan yang paling miris hari ini, kadang-kadang yang masih balita saja sudah bisa menggunakan HP.

”Ini sesuatu yang diberikan oleh pihak luar agar bangsa kita ini sejak kecil sudah dibiarkan menggunakan HP yang membuat mereka malas, membuat mereka tidak lagi mau berpikir, tidak mau mengikuti kata-kata orang tuanya. Kalau sudah masuk ke dalam sebuah ruangan, dia (anak-anak) bisa duduk berjam-jam termasuklah hari ini yang kita lihat yang ada di kota Bengkalis ini sesuatu yang mungkin perlu jadi perhatian kita karena hari ini sekali lagi cara-cara mereka untuk menghancurkan generasi bangsa ini menjadi generasi yang lemah, yang tidak lagi berpikir untuk bagaimana bangsa ini. Kita berharap dan berdoa dengan cara-cara seperti MTQ ini, diri agar diri mereka bisa bertahan, bisa mengerti kepada negaranya terutama pada orang tuanya," ungkap H Arianto seraya mengatakan dirinya sangat mendukung LPTQ Desa Kelapapati, Masjid Jami yang lama dijadikan kegiatan remaja khususnya dalam pembinaan generasi muda.

Kegiatan MTQ ke-13 tadi dipuji Arianto yang sudah diundang ke beberapa tempat untuk mengikuti MTQ tingkat desa. Disampaikannya kepada Camat Bengkalis bahwa MTQ ini sudah setingkat kecamatan karena tidak sama dengan yang dilakukan oleh teman-teman di desa lainnya yang kebanyakan hanya melaksanakan STQ (Seleksi Tilawah Quran) saja.

Lewat sebuah pepatah, H Arianto mengajak "Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing". Kalau sudah dilakukan bersama-sama maka insya Allah akan lahirlah qari/qariah yang ada di desa ini menjadi utusan tidak hanya tingkat kecamatan, tidak hanya tingkat kabupaten, insya Allah akan menjadi utusan tingkat provinsi bahkan nasional karena salah satu diantara generasi di desa ini sudah pernah ke tingkat nasional dan dalam MTQ ke-40 Tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi kemarin, atas nama Rara masih menjadi juara.

”Ini salah satu contoh saja. Yang kedua, Desa Kelapapati tempatnya para dewan hakim, ada Buk Hj Razmah dan lainnya. Dewan Hakim Kabupaten Bengkalis berada di desa ini. Tidak ada halangan untuk kita melakukan yang terbaik bagi desa ini. Untuk itu, marilah kita sama-sama memberikan dukungan, Pemerintah Desa, Ketua LPTQ bersama masyarakat untuk bagaimana kedepannya Desa kelapapaati menjadi desa percontohan bukan saja di segi pemerintahannya saja tapi juga bidang agama," ajaknya lagi seraya menginformasikan bahwa desa ini akan dimekarkan menjadi dua desa.

Seramai 70 peserta tampil dalam MTQ tadi dan dilaksanakan selama 4 hari bermula pada Rabu malam Kamis, 3 Agustus kemarin. 70 peserta berlomba dalam 4 cabang, cabang Tartil, cabang Tilawah Anak-Anak, Tilawah Remaja dan Tilawah Dewasa.

Sebelum sambutan Arianto, Sekretaris Dewan Hakim Ustadz Muhammad Afan Agustian SKom MSi membacakan keputusan, qari terbaik MTQ Tingkat Desa Kelapapati diraih Muhammad Arianda.

Ketua LPTQ Desa Kelapapati, Hardi Darma SHI dalam sekapur sirihnya setelah Sekretaris Dewan Hakim membacakan keputusan, mengatakan LPTQ Desa kelapati pendayagunaan Masjid Jami yang lama boleh digunakan untuk aktivitas agama berdasarkan Keputusan Kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan Bengkalis yang telah dikeluarkan beberapa bulan yang lalu. Hal ini berkaitan dengan orang-orang sholeh dan para guru kita yang telah berwakaf untuk Masjid Jami lama agar menjadi sedekah jariyah dan amal saleh bagi mereka dan pahala yang tak terputus mengalir terus kepada mereka walaupun mereka telah tiada.

Selanjutnya, Kades Dasril SS dalam sambutannya pula mengatakan, Pemdes Kelapapati mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara MTQ ini sampai selesai. Mudah-mudahan semua yang telah dilakukan mendapat pahala daripada Allah SWT. Ucapan terima kasih juga disampaikan Kades Dasril kepada dewan juri yang telah melaksanakan tugasnya dengan menghasilkan qari dan qariah yang terbaik untuk desanya. Ucapan terima kasih juga kepada semua peserta yang telah mengikuti MTQ ke-13 ini.

"Bagi yang berhasil, kami ucapkan selamat dan yang belum berhasil kita coba tahun yang akan datang. Kepada seluruh masyarakat yang telah ikut serta mendukung kegiatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga amal baik yang telah bapak ibu lakukan mendapat berkat dari Allah SWT dan dapat kami sampaikan pelaksanaan MTQ tahun yang akan datang dilaksanakan di Dusun 5 Dusun Timur, kepada Dusun timur bersiap-siap pelaksanaan MTQ tahun 2023 mendatang. Akhirnya, kami mohon kepada Pak Haji Arianto Anggota DPRD Bengkalis agar dapat kiranya memberikan pengarahan dan sekaligus menutup acara ini secara resmi," kata Kades Dasril di akhir sambutannya.

Sebagai juara Umum MTQ Ke-13 diraih RW 05 Dusun Barat atas prestasi terbaik satu diraih 4 peserta, terbaik dua dan tiga masing-masing diraih 1 peserta dengan total nilai berjumlah 20.

Juara pawai taaruf pula diraih RW 07 juara pertama, RW 05 juara kedua, RW 04 juara ketiga. Selanjutnya, juara harapan I RW 06, harapan II RW 03, harapan III RW 02, dan juara harapan IV diraih RW 01. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww