Home > Berita > Umum

Demi Bisa Makan, Wanita-Wanita di Sri Lanka Terjerumus Prostitusi

Demi Bisa Makan, Wanita-Wanita di Sri Lanka Terjerumus Prostitusi

Gambar hanya ilustrasi/INTERNET

Senin, 01 Agustus 2022 08:28 WIB

POTRETNEWS.com — Krisis ekonomi di Sri Lanka meningkatkan jumlah wanita yang terjerumus ke dunia prostitusi. Menurut Stand-up Movement Lanka (SUML), kelompok yang memperjuangkan hak-hak seks ada 30 persen peningkatan.

Para wanita yang bekerja di sektor tekstil telah kehilangan pekerjaannya dan memilih menjadi PSK. Setelah krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu, 22 juta orang Sri Lanka menghadapi kesulitan besar dan prospek kemiskinan.

Sejumlah besar orang di Sri Lanka juga menghadapi kesulitan menjalankan rumah tangga mereka dengan perjuangan sehari-hari untuk mendapatkan makanan dan barang-barang penting. Situasi mengerikan ini telah membuat rumah bordil darurat bermunculan di seluruh negeri.

Beberapa tempat ini beroperasi sebagai spa dan pusat kesehatan. Banyak yang mengatakan bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk memberi keluarga mereka makan tiga kali sehari.

"Perempuan yang bekerja di industri tekstil beralih ke 'pekerjaan seks' setelah dipecat karena krisis ekonomi," Ashila Dandeniya, Direktur Eksekutif, mengatakan kepada ANI seperti dilansir dari Daily Mirror, yang dilansir tribunnews.com.

”Akibat krisis saat ini, kami perhatikan banyak perempuan yang mengambil prostitusi. Kebanyakan dari mereka dari industri tekstil. Setelah covid, industri tekstil terpengaruh dan banyak pekerjaan yang di-PHK dan sekarang situasi saat ini memaksa mereka untuk berhubungan seks. bekerja untuk mata pencaharian mereka," katanya.

Rehana, 21 tahun (nama diubah) berbagi kisahnya dengan ANI tentang bagaimana dia berubah dari seorang karyawan industri tekstil menjadi pekerja seks. Rehana kehilangan pekerjaannya tujuh bulan lalu dan setelah berbulan-bulan putus asa, dia terjun ke dunia prostitusi.

“Desember tahun lalu, saya kehilangan pekerjaan di pabrik tekstil. Kemudian, saya mendapat pekerjaan lain setiap hari. Kadang-kadang, ketika tenaga kerja kurang, saya pergi dan bekerja. Tapi saya tidak bisa mendapatkan uang karena saya tidak mendapatkannya secara teratur dan terlalu sedikit untuk memenuhi kebutuhan saya dan keluarga. Kemudian, seorang pemilik spa mendekati saya dan saya memutuskan untuk bekerja sebagai pekerja seks karena krisis saat ini. Pikiran saya menolak untuk menerimanya. tawaran tapi saya sangat membutuhkan uang untuk keluarga saya," katanya kepada ANI.

Rozy, 42 tahun (nama diubah) adalah salah satu dari sekian banyak yang menjadi pekerja seks. Seorang ibu dari tujuh tahun, dia bercerai dan dia harus mendapatkan cukup uang untuk membayar pendidikan dan sewa putrinya.

“Penghasilan tidak mencukupi karena krisis ekonomi. Uang tidak cukup untuk kebutuhan rumah tangga keluarga saya. Itu sebabnya saya memilih ini. Saya menjalankan toko dan saya harus membayar untuk tetap menjalankannya. Karena masalah ini banyak pelacur sekarang ada, " katanya kepada ANI.

Diyakini juga bahwa alasan utama di balik menjadi pekerja seks adalah karena anak perempuan dan perempuan yang dulunya berpenghasilan LKR 20.000 hingga 30.000 sebulan, mendapatkan sekitar LKR 15.000-20.000 dalam sehari.

Namun banyak masalah yang mereka hadapi. Sedangakan direktur negara Program Pangan Dunia PBB (WFP) Sri Lanka, Abdur Rahim Siddiqui mengatakan 6,3 juta orang di negara kepulauan itu rawan pangan. Dia mengatakan ekonomi negara saat ini menghadapi krisis pangan terburuk sejak kemerdekaan dan inflasi yang mengejutkan diperkirakan akan meningkat dalam beberapa bulan ke depan.

"Sri Lanka telah menghadapi krisis pangan yang parah sejak kemerdekaannya. Tingkat inflasi pangan lebih dari 80 persen hingga Juni dan tren ini kemungkinan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang," kata Siddiqui.

Sri Lanka menghadapi kekurangan akut bahan bakar, makanan dan devisa dan sedang mengalami krisis ekonomi yang lebih buruk. Masyarakat negara kepulauan ini mengharapkan IMF memberikan paket bailout. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum
wwwwww