Home > Berita > Umum

PHR Kedepankan STEM & Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Riau

PHR Kedepankan STEM & Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Riau
Kamis, 21 Juli 2022 08:25 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan menggelar _Focus Group Discussion (FGD)_ berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan _Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science_ disingkat menjadi SEAQIS dalam rangka persiapan penyelenggaraan Peningkatan Kompetensi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di wilayah kerja PHR WK Rokan pada 19-21 Juli 2022 di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

SEAQIS adalah lembaga di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), yang memiliki tugas dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga berpendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di Asia Tenggara. SEAQIS mendukung program PHR WK Rokan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Riau melalui implementasi pembelajaran STEM di sekolah-sekolah yang berada di tujuh Kabupaten/Kota yang ada di wilayah kerja PHR yaitu Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr. Eng. Yusri Rasul didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dari 7 Kota/Kabupaten/Kota, Manager Social Performance PT PHR Pinto Pinto Budi Bowo Laksono dan Direktur SEAQIS Dr. Indrawati.

“Perwakilan-perwakilan kabupaten/kota dapat memberikan gambaran, baik terhadap sumber daya alam yang ada di sana maupun juga sumber daya manusia yang diperlukan untuk upaya-upaya, kerjasama, dan sinergi yang maksimal,” ujar Dr. Eng. Yusri Rasul Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Di kesempatan yang sama Pinto Budi Bowo Laksono, Manager Social Performance PHR menyampaikan bahwa melalui FGD ini selain mensosialisasikan dan memetakan calon peserta dari setiap kabupaten/kota, diharapkan adanya pemahaman yang sama terkait perencanaan dan pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah dalam pembelajaran STEM di wilayah kerja Rokan, serta menghasilkan kesepakatan-kesepakatan dalam pelaksanaannya.

_Science, Technology, Engineering, and Mathematics_ (STEM) merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika diintegrasikan dengan fokus pada proses pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan nyata. Pembelajaran STEM memperlihatkan kepada peserta didik bagaimana konsep-konsep, prinsip-prinsip sains, teknologi, engineering dan matematika digunakan secara terintegrasi untuk mengembangkan produk, proses dan sistem yang memberikan manfaat untuk kehidupan manusia. Pembelajaran STEM saat ini diyakini dapat mengakomodir karekteristik ketrampilan abad 21.

Program Peningkatan Kompetensi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam Pembelajaran STEM ini merupakan salah satu bentuk Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan PHR WK Rokan untuk mendukung pemerintah di bidang pendidikan di sekitar wilayah kerja PHR di Provinsi Riau. (Rls)

KETERANGAN FOTO:

Focus Group Discussion Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik di Provinsi Riau yang ditaja PHR, Dinas Pendidikan Riau dan SEAQIS/F-PHR

Kategori : Umum, Riau
wwwwww