Home > Berita > Umum

Jadi Irup HKN dan Pimpin Apel Siaga Karhutla, Bupati Bengkalis: Berikanlah Pengabdian dan Loyalitas Anda untuk Negara!

Jadi Irup HKN dan Pimpin Apel Siaga Karhutla, Bupati Bengkalis: Berikanlah Pengabdian dan Loyalitas Anda untuk Negara!
Senin, 18 Juli 2022 11:15 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com —Bupati Bengkalis, Riau, Kasmarni menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) sekaligus apel Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Bengkalis, Senin (18/07/2022) pagi bertempat di halaman Kantor Bupati, Jalan A Yani Bengkalis.

”Apel Hari Kesadaran Nasional yang rutin kita peringati tanggal 17 setiap bulannya ini, tentunya memiliki makna penting untuk kita semua. Selain untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara, juga merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan kepada kita semua sebagai abdi negera maupun abdi masyarakat,” tutur Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Oleh karenanya lanjut Kasmarni, melalui momentum apel Hari Kesadaran ini, hendaknya bisa menggugah kesadaran kita semua, sekaligus menyegarkan semangat, tekad serta komitmen selaku ASN (aparatur sipil negara) dan mengevaluasi diri, sejauhmana tugas dan tanggung jawab yang sudah diberikan untuk bangsa, negara, daerah dan masyarakat.

”Berikanlah pengabdian dan loyalitas Anda untuk negara dan bangsa serta curahkan semua perhatian dan kemampuan anda dalam mempercepat kemajuan daerah serta melayani masyarakat, demi terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” ujarnya. Selesai upacara HKN, Bupati Bengkalis Kasmarni memimpin apel Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Bengkalis.

Dalam amanatnya, Bupati Kasmarni berharap kepada seluruh intansi dan stakeholder agar dapat membangun koordinasi serta berkolaborasi karena penyelesaian karhutla, tidak dapat dilakukan secara parsial masing-masing pihak, namun perlu adanya kerja sama yang baik antara seluruh stakeholder.

Dikatakan Bupati Kasmarni, tujuan apel siaga tersebut untuk memastikan kesiapsiagaan kita Kabupaten Bengkalis dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan.
”Sehingga setiap instansi dan stakeholder yang tergabung di dalam Komando Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla), dapat mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini, seperti sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada,” kata Kasmarni.

Pada kesempatan itu, Bupati Kasmarni menegaskan seluruh stakeholder baik TNI, Polri, Petugas Penanggulangan Bencana Daerah, Petugas Pemadam Kebakaran, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, tim reaksi cepat dari perusahan dan lainnya, untuk terus bersinergi dalam melakukan upaya pencegahan, mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan.

Segera susun rencana kontijensi, termasuk penyediaan sarana dan prasarana. Lakukan penanggulangan karhutla dengan pendekatan kolaboratif antarunsur pemerintah, akademisi, peneliti, dunia usaha, masyarakat serta dukungan media untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada masyarakat.

”Saya juga minta kepada perangkat daerah terkait, termasuk camat, kepala desa dan lurah agar lebih gencar melakukan pemadamaman karhutla dan menyosialisasikan larangan membakar hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing serta berikan pemahaman kepada masyarakat terkait konsekwensi hukum jika terlibat dengan karhutla,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Sekda Bengkalis H Bustami HY, Asisten I Andris Wasono, Asisten III Aulia, Staf Ahli Bupati Johansyah Safri, Toharuddin, Al-Fakhrurrazi, serta seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. ***

KETERANGAN FOTO:
Bupati Bengkalis Kasmarni menjadi Irup peringatan HKN dan Apel Siaga Karhutla (atas).
Bupati Kamarni, Wabup Bagus Santoso, Kapolres dan Forkompinda tinjau Posko Penanganan Karhutla BPBD Bengkalis (bawah), Senin (18/07/2022) pagi/F-ISTIMEWA

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww