Home > Berita > Umum

Dalam Dua Bulan, Berdiri 5 Prodi Baru di Unilak, Kepala LLDikti Wilayah X: Ini Luar Biasa…

Senin, 18 Juli 2022 19:49 WIB
Abdul Roni
dalam-dua-bulan-berdiri-5-prodi-baru-di-unilak-kepala-lldikti-wilayah-x-ini-luar-biasaRektor Unilak Dr Junaidi (kanan) menerima SK prodi baru dari Kepala LLDikti Wilayah X Afdalisma SH MPd/F-ISTIMEWA
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) menerima surat keputusan program studi (prodi) baru yang baru berdiri di kampus yang berada di Pekanbaru ini. Dua Prodi itu adalahPendidikan Khusus dan Pendidikan Vokasi Otomotif di Fakultas Pendidikan dan Vokasi (Fadiksi).
Penyerahan SK dilakukan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X Afdalisma SH MPd kepada Rektor Unilak Dr Junaidi di kantor LLDikti Wilayah X yang berada di Padang, Sumbar, Senin (18/7/2022).

Turut hadir saat penyerahan SK itu; Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Kepala Media Promosi M Revnu Ohara MKom, dan beberapa perwakilan pimpinan perguruan tinggi di empat provinsi yaitu; Jambi, Riau, Sumbar dan Kepri, yang juga menerima SK serupa.

Di depan Kepala LLDikti Wilayah X, Rektor Junaidi mengucapkan terima kasih kepada Afdalisma yang telah memberikan dukungan sehingga Unilak menerima SK Prodi baru yaitu Pendidikan Vokasi Otomotif dan Pendidikan Khusus yang berada di Fakultas Pendidikan dan Vokasi.

Adapun SK tiga prodi lainnya telah diterima beberapa waktu lalu. Tiga Prodi lainya yaitu Desain Interior di Fakultas Teknik, Bisnis Digital di Fasilkom dan Magister Ilmu Lingkungan Pascasarjana.
”Target kami (Unilak) hingga akhir tahun 2023 total ada 35 Prodi baik di S-1 dan S-2. Lima prodi yang baru berdiri ini sudah bisa menerima mahasiswa baru tahun ini dan sudah banyak calon mahasiswa mendaftar. Selain itu beberapa calon prodi baru lainnya telah masuk dalam proses pengurusan di Dikti,. Kami mohon dukungan doanya agar SK prodi baru dapat keluar dan di setujui. Pendirian prodi baru ini merupakan upaya Unilak untuk percepatan visi menjadi Universitas Unggul di tingkat nasional tahun 2030,” katanya.

Ditambahkan Junaidi, berdirinya prodi baru ini merupakan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat untuk memilih kuliah di Unilak. Hadirnya prodi ini menjadi semakin banyak pilihan bagi calon mahasiswa/masyarakat umum untuk memilih prodi yang disukai, kekinian, dan lain-lain. Disampaikan juga oleh Junaidi, saat ini Unilak masih membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang III.

”Prodi yang berdiri ini dibutuhkan oleh masyarakat. Di Riau, prodi pendidikan khusus hanya ada di kampus Unilak, dan untuk wilayah Sumatra selama ini hanya ada di Padang. Jadi hadirnya prodi pendidikan khusus ini menjadi pilihan utama bagi guru-guru sekolah luar biasa (SLB) maupun lulusan siswa-siswa disabilitas. Hadirnya prodi khusus ini dari awal mendapatkan dukungan Pemprov Riau, dan kita juga telah menyosialisasikan kepada 43 sekolah luar biasa Riau." ujar Junaidi.

Sementara itu Kepala LLDikti Wilayah X Afdalisma SH MPd mengucapkan selamat kepada Unilak, karena dalam dua bulan ini sudah lima prodi berdiri. Dia menyebut, keberhasilan ini merupakan kerja keras dari tim Unilak dari mulai rektor sampai ke jajaran paling bawah.

”Ini luar biasa. Dalam dua bulan ini, Unilak PTS paling banyak berdiri prodi baru. Saya salut kepada Pak Rektor dan jajaran dan prestasi luar biasa di raih Unilak di bawah pimpinan Dr Junaidi. Sehingga bisa menghasilkan penambahan prodi baru. Saya yakin dan percaya Unilak bisa meningkatkan kualitas lulusan, dosen, mutu dan tata kelola," ujar Afdalisma.

Pada kesempataan yang sama, dia juga mengucapkan selamat kepada Unilak yang juga lolos proposal hibah di tahun 2022. Unilak bisa menjadi percontohan dari PTS lain di empat provinsi, termasuk agar lolos hibah pendanaan Dikti. Dia menyarankan PTS lain agar bekerja sama dengan Unilak untuk bisa lolos proposal.

”Kami dari LLDikti Wilayah X sudah menjadi tugas mendukung, melayani. Kami merasa senang ketika proses pendampingan yang kita lakukan berbuah hasil. Saya minta pimpinan seluruh PTS di wilayah X supaya meningkatkan lulusan, mutu. Dengan berdirinya prodi baru jangan lupa untuk meningkatkan SDM, tata kelola,” pungkas Afdalisma. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww