Home > Berita > Umum

Unilak Didik Guru-Guru SLB dan Terima Anak Berkebutuhan Khusus

Unilak Didik Guru-Guru SLB dan Terima Anak Berkebutuhan Khusus
Minggu, 17 Juli 2022 21:08 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Rektor Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Dr Junaidi bertemu dengan 43 Kepala sekolah luar biasa (SLB) yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SLB se-Riau di Sekolah Negeri Pembina Jalan Segar Pekanbaru. Pertemuan bertujuan untuk mendidik guru guru SLB dan menerima lulusan siswa SMA SLB untuk kuliah di Unilak, Sabtu/17/07/2022.

Pertemuan dengan para kepala sekolah dan guru ini, dilakukan seiring dengan berdirinya Prodi Pendidikan khusus di Fakultas Pendidikan dan Vokasi (FadiksiI) Unilak.  Pertemuan berlangsung lebih dari 1 jam dan berlangsung dengan dialog dan tanya jawab.

Di Provinsi Riau memiliki 43 Sekolah Luar Biasa negeri dan swasta (SLB) yang menjadi tempat pendidikan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti tuna netra, autis, tuna rungu, tuna grahita dan lain-lain. 

Dalam pertemuan  itu turut hadir Kepala Urusan Internasional dan kerjasama Unilak Dr Nurfaisal, Dekan Fasilkom Unilak Fazrijal M.Kom, Wakil Dekan Tiga Fadiksi Riki Zaputra MP.d,  Kaprodi PGPAUD Fadiksi, dan sejumlah dosen.

Rektor Unilak Dr Junaidi dalam pertemuan menyampaikan bahwa, seiring dengan telah berdirinya Prodi Pendidikan Khusus, maka Prodi ini dapat menjadi pilihan bagi guru-guru SLB yang ada di Riau dan luar Riau untuk kuliah. Tidak hanya itu, murid-murid SMA dari SLB juga dapat melanjutkan kuliah di Unilak, pilihannya ada di Fakultas Ilmu Komputer atau di Fadiksi. Di dua fakultas itu ada Prodi yang cocok untuk guru-guru dan siswa SLB. " Hadirya prodi ini mendapatkan dukungan dari pemerintah Riau yang memiliki perhatian kepada anak anak Riau berkebutuhan khusus bagaimana untuk bisa mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi sama seperti anak anak lainnya." 

Ditegaskan Dr Junaidi, bahwa pendidikan adalah hak setiap anak-anak Indonesia, dan telah ditentukan oleh konstitusi, artinya untuk pendidikan khusus ini, Unilak memiliki misi sosial yang besar bagaimana memfasilitasi/menjembatani hak pendidikan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus untuk dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, di Riau hanya Unilak yang memiliki Prodi Pendidikan Khusus, dan kampus terdekat yang memiliki prodi ini ada di Padang dan ini tentu berat bagi anak anak Riau untuk kuliah di sana.

" Hadirnya Prodi Pendidikan khusus ini merupakan bukti bahwa Unilak memiliki misi sosial, memiliki perhatian besar untuk turut serta meningkatan SDM bagi generasi muda anak anak berkebutuhan khusus, dalam penerimaan mahasiswa baru bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini, Unilak telah menyiapkan dosen-dosen yang berkompeten, menyiapkan kurikulum yang sesuai, melakukan proses seleksi, menyiapkan tim physikologi, bahwa calon mahasiswa bekerbutuhan khusus ini cocoknya memilih kuliah di Prodi apa? Kami (Unilak) menawarkan ada tiga prodi yang dapat dipilih, yaitu, Pendidikan khusus,Prodi Sistem Informasi, Prodi Teknik Informatika. " ujar Dr Junaidi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Fasilkom Unilak Fazrijal, dikatakannya bahwa Fasilkom telah memiliki alumni berkebutuhan khusus yang meraih gelar sarjana dan telah bekerja. Dan saat ia kuliah menjadi mahasiswa dapat beraktifitas, bergaul, dan mengikuti proses belajar berjalan lancar. Dan saat ini juga ada mahasiswa berkebutuhan khusus yang sedang kuliah, artinya tidak ada masalah bagi anak-anak tamatan SMA SLB untuk melanjutkan kuliah dan bisa memilih kampus Unilak.

" Kami juga menyiapkan pendamping(shadow) untuk membantu mahasiswa bersangkutan, baik dari dosen maupun mahasiswa, nantinya mereka dapat bergaul/berbaur secara normal dengan teman teman." tegas Fazrijal.

Di pertemuan itu beberapa kepala sekolah memberikan apresiasi kepada Unilak yang telah mampu menjembatani pendidikan khusus bagi tamatan siswa SLB dan guru guru SLB. Pertemuan dengan Rektor Unilak dimanfaatkan para guru untuk bertanya bagaimana kesiapan kurikulum Unilak, bagaimana persyaratan menjadi mahasiswa, berapa biaya kuliah, adakah beasiswa, dan lain-lain. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww