Home > Berita > Umum

DKKP Gelar Festival Seni Pertunjukan Pekanbaru 2022

DKKP Gelar Festival Seni Pertunjukan Pekanbaru 2022
Jum'at, 15 Juli 2022 14:50 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pandemi yang melandai serta dibukanya keran pertunjukan kesenian di ruang-ruang publik telah membuka secercah harapan bagi seniman di Kota Pekanbaru.

Hal ini bisa dilihat dengan geliat dan semangat kekaryaan dalam beberapa bulan terakhir. Bandarserai sebagai tempat dan ruang laboratorium seniman kembali dipenuhi oleh mereka yang berlatih kesenian.

Hal ini disambut pula oleh Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (baca: DKKP) yang menyelenggarakan sebuah Festival Seni Pertunjukan Pekanbaru 2022 pada Sabtu (17/7/2022) di Gedung Olah Seni Taman Budaya Riau.

Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan kesenian yang diharapkan mampu menggeliatkan kesenian serta ekonomi kreatif di Kota Pekanbaru.

Dalam Festival ini akan dilombakan dua cabang kesenian yang mendapat antusias dan animo tinggi dari masyarakat Kota Pekanbaru.

Pertunjukan teater merupakan salah satu cabang lomba yang diharapkan mampu mengajak kelompok atau sanggar teater kembali bergeliat, membaca naskah dan mementaskan karya-karya terbaik dari dramawan di Pekanbaru.

Bukan tanpa sebab, selama dua tahun ini teater hampir tidak ada kegiatan dan pentas. Hal ini berkaitan dengan kegiatan ini menarik penonton yang cukup banyak.

Setidaknya, cabang lomba teater ini akan membuat rasa haus penonton di Kota Pekanbaru sedikit terpenuhi. Adapun kelompok atau sanggar yang akan tampil dalam pentas teater kali ini adalah UKM Batra UNRI, Belacan Art Community, Komunitas Jejak Langkah, Seru Rasa, Taksu dan Goeboek Creative.

Selain itu, pertunjukan tari juga menjadi opsi pilihan dalam Festival Seni Pertunjukan Pekanbaru 2022. Hal ini berangkat dari kegelisahan pembinaan tari yang terus menerus namun wadah menampungnya berupa lomba tidak ada sama sekali selama dua tahun belakangan. Sebenarnya, banyak penari dan koreografer hebat yang muncul di Pekanbaru.

Namun, hal itu tidak seiring sejalan dengan ruang-ruang ekspresi mereka. Maka, cabang lomba tari akan menjadi sebuah helatan yang menarik untuk disaksikan oleh seniman tari dan masyarakat umum di Kota Pekanbaru.

Festival Seni Pertunjukan Pekanbaru 2022 akan terus dilanjutkan menjadi agenda setiap tahun. Kegiatan di tahun depan diharapkan bisa menggandeng seluruh unsur pemerintah dan swasta yang peduli dengan kesenian dan ekonomi kreatif.

Kesenian yang subur di suatu daerah akan menciptkan sumber daya manusia yang beradab pula. Akhirnya, selamat untuk terselenggaranya Festival Seni Pertunjukan Pekanbaru 2022. (Rls)

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww