Home > Berita > Umum

Masuk Bulan ke-2 Gaji belum Dibayar, Karyawan PT Meskom Agro Sarimas di Bengkalis Lakukan Aksi

Masuk Bulan ke-2 Gaji belum Dibayar, Karyawan PT Meskom Agro Sarimas di Bengkalis Lakukan Aksi

Suasana aksi karyawan PT MAS, Selasa (12/07/2022)/F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN.

Rabu, 13 Juli 2022 09:02 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sebanyak 100-an karyawan PT Meskom Agro Sarimas (PT MAS) melakukan aksi damai menuntut hak pembayaran gaji bulan Mei 2022 yang tertunda.

”Tuntutan hari ini, karyawan PT Meskom Agro Sarimas (PT MAS) tetap memintak kejelasan pihak manajemen yaitu gaji periode Mei 2022 belum dibayar jadi harus dibayar secepatnye karene untuk periode Juni 2022 jugak sudah akan masuk jatuh tempo yaitu tanggal 25 Juli 2022 besok," kata Ketua SPSI PT MAS, Gunawan kepada potretnews.com, Selasa (12/7/2022).

Setelah aksi ini, kesepakatan yang dicapai, pihak manajemen (PT MAS) sedang berusaha menghubungi managemen (PT MAS) Pusat agar masalah ini bisa segera diselesaikan. Aksi serupa telah digelar 3 bulan yang lalu dan gajinya sudah lancar. Kali ini masuk aksi yang keempat dilakukan oleh para karyawan karena sepertinya perusahaan kembali kesulitan apakah produksi maupun lainnya, "Itulah yang kami pertanyakan kepada manajemen hari ini," tanya Gunawan.

Diungkapkan Gunawan dampak sosial para karyawan yang tidak menerima gaji Mei 2022 adalah keluh kesah pada karyawan itu sendiri. ”Karena untuk bekerja, karyawan itu butuh makan, untuk transportasi berangkat kerja butuh minyak kendaraan tapi dengan adanya keterlambatan dalam pembayaran gaji yang dilakukan perusahaan ini, sangat berdampak seperti karyawan tidak bisa mengambil (berhutang) barang di kedai, tidak bisa membayar hutang tepat waktu, hutang di bank, di dialer atau tidak bisa bayar kredit lainnye. Jadi dampaknya sangat luas akibat keterlambatan pembayaran gaji kami ini," keluh Gunawan mewakili karyawan lainnya.

Kepada wartawan media ini, Gunawan yang didampingi seorang karyawan juga mengungkapkan, "Hampir 6 miliar rupiah tunggakan Jamsostek dan tunjangan pensiun, padahal dipotong setiap bulannya.” "Mereka minta, sebelum gaji dibayarkan full mereka mintak diliburkan dulu, jadi libur tetap kita bayar gajinya," kata Manajer PT MAS, Irawan

Manajer Irawan menambahkan, pihaknya lagi berusaha secepatnya, untuk hari ini kita bayarkan secara bertahap dulu. ”Alasannya saya pikir ini bukan hanya kondisi di (perusahaan) kita, bisa dikatakan semua pabrik. CPO itu kan tidak bisa terjual jadi kita ada sedikit terkendala lah,” kata Irawan seraya menyebutkan dahulu masa Covid-19 melanda juga mengalami keterlambatan pembayaran gaji karyawan kemudian lancar dan bulan Mei ini kembali terjadi hal serupa terhadap sekitar 900-an karyawan PT MAS yang bergaji sesuai dengan UMK kira-kira Rp3,3 juta per bulan.
Pantauan di lapangan, aksi yang mendapat kawalan dari pihak TNI dan Polri ini tepat di pintu masuk perusahaan di Jalan Utama Desa Pangkalanbatang Barat.

Didapat informasi, ada karyawan yang menerima angsuran pembayaran gaji Rp700 ribu pada pukul 16.00 WIB. Dengan gaji itu, segera mengansur hutangnya dan sisanya membeli keperluan pokoknya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww