Home > Berita > Umum

Cerita DMDI Riau Hadir Penyembelihan Hewan Kurban di Rumah Mualaf di Desa Jangkang Bengkalis

Cerita DMDI Riau Hadir Penyembelihan Hewan Kurban di Rumah Mualaf di Desa Jangkang Bengkalis
Rabu, 13 Juli 2022 16:33 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) kembali memberikan hewan kurban kepada saudara baru, para mualaf di Desa Jangkang Kecamatan Bantan, Bengkalis Riau.

"Alhamdulillah, DMDI Provinsi Riau bekerja sama dengan DMDI Pusat Melaka melalui Tun Seri Ali Muhammad Rustam (Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali Rustam), sebagaimana biasa tahun lepas telah menyediakan satu ekor lembu untuk kita korbankan di rumah mualaf. Alhamdulillah juga tahun ini walaupun kondisi begitu mepet, waktu begitu dekat tapi Alhamdulillah bisa juga tadi kita laksanakan pemotongannya di Rumah Mualaf, Jangkang bersama rekan-rekan, baik dari lingkungan mualaf Jangkang maupun dari DMDI Kabupaten Bengkalis yang disponsori oleh Ketua DMDI yaitu Darma Firdaus," kata Ketua DMDI Provinsi Riau, Datuk Ir H Ajis bin Manaf kepada potretnews.com, Selasa (12/07/2022).

"Ke depannya, program ini akan terus dilaksanakan dan terus berlanjut bahkan di samping dilaksanakan pemotongan hewan kurban juga akan merehabilitasi rumah-rumah mualaf yang sekarang ada sudah mulai rusak, atapnya bocor, dindingnya pun sudah mulai luntur. Insya Allah ini akan kita perbaiki sekaligus nanti dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tahun hadapan, tenaga kerja mereka juga bisa digunakan mana-mana pekerjaan untuk rehabilitasi rumah mualaf tadi," tambah Datuk Ajis.

Kepada saudara baru, para mualaf binaan DMDI di Desa Jangkang, yang setiap pekannya belajar, Datuk Ajis berharap terus melanjutkan aktivitas dan kegiatan yang telah disusun.

"Kepada DMDI Pusat Malaka maupun DMDI Kabupaten Bengkalis, kita sangat-sangat mengharapkan bisa bekerja sama dengan DMDI Provinsi Riau untuk terus melakukan pembinaan kepada saudara-saudara baru kita, para mualaf yang ada di Desa Jangkang, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis ini. Kepada saudara-saudara baru pula, kita berharap terus melakukan kegiatan dan aktivitas belajar setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh para pembimbing," harapnya.

"Ucapan terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Ketua DMDI Kabupaten Bengkalis dan seluruh perangkatnya serta kepada Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten Bengkalis yang telah mengirim tenaganya untuk melatih dan mengajar para mualaf yang ada di rumah mualaf Desa Jangkang tadi," ucap Datuk Ajis di akhir wawancara.

Untuk hadir dalam Program DMDI Penyembelihan 1.000 Hewan Kurban di 23 negara anggotanya termasuk di Rumah Mualaf Jangkang tadi, 12 orang rombongan DMDI Provinsi Riau dengan menggunakan 2 mobil telah bergerak dari Pekanbaru menuju Bengkalis pada Senin, 11 Juli 2022 pagi. Sebelum sampai di pelabuhan Ro-Ro Sungai Pakning, 1 mobil yang digunakan mengalami 2 kali pecah ban dan diparkir di antrian parkir pelabuhan Ro-Ro Air Putih. Rombongan tiba di Hotel Panorama pada malam hari. Selasa pagi, dibantu 1 mobil pengurus DMDI Riau yang bekerja di Bengkalis meluncur ke Jangkang menyaksikan penyembelihan hewan kurban tadi. Menjelang azan Zuhur, rombongan kembali ke pelabuhan Ro-Ro Air Putih, beberapa anggota melakukan kerja ganti ban serap milik pengurus DMDI Kabupaten Bengkalis. Sholat Zuhur mereka dirikan di mushola di sana. Wajah sabar penuh keikhlasan tergambar di raut muka mereka.

Ada kata tak puas satu malam di Kota Bengkalis tapi karena tugas semua harus kembali ke Pekanbaru. Ikan Terubuk, Tahu Bengkalis dan kerupuk ikan menjadi ole-ole yang mereka bawa untuk dinikmati bersama keluarga. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww