1.591 Desa di Riau Sudah Memiliki BUMDes, 202 di Antaranya Dinilai Maju

1.591 Desa di Riau Sudah Memiliki BUMDes, 202 di Antaranya Dinilai Maju

Pertemuan Pemerintah Provinsi Riau dengan Tim Komisi II DPR RI./F-IST

Senin, 11 Juli 2022 17:15 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Dari catatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau pada tahun 2021, sebanyak 1.591 desa di Riau diketahui sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menariknya, dari ribuan desa itu, 202 desa diantaranya dinilai telah maju dalam mengembangkan BUMDes.

Fakta itu diapresiasi Tim Komisi II DPR RI saat pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam rangka Reses DPR RI Masa Persidangan V Tahun Persidangan 2021-2022, Senin (11/7/2022).

Dalam pertemuan itu, salah seorang anggota Komisi II DPR RI, Mohammad Muraz menyatakan ketertarikannya dengan keberhasilan BUMDes di 202 desa tersebut.

“Saya tertarik dengan 13 persen atau 202 BUMDes maju di Riau,” ungkap Muraz di Gedung Daerah Balai Serindit.

Mohammad Muraz mengatakan bahwa sesuai Undang-undang tentang Desa, BUMDes harus mampu mendayagunakan segala potensi ekonomi, lembaga perekonomian serta potensi desa untuk memajukan desa.

Menanggapi hal itu, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menjelaskan bahwa semua desa yang ada di Bumi Lancang Kuning telah memiliki BUMDes, yang tujuannya untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat desa.

“Semua desa di Riau sudah mempunyai BUMDes semenjak adanya Bantuan Keuangan Khusus (BKK),” ujarnya.

Dijelaskan Gubri, sebanyak 386 atau 24 persen desa di Riau memiliki BUMDes Berkembang, 442 atau 28 persen BUMDes tumbuh, dan 561 atau 35 persen BUMDes dasar.

Untuk memanfaatkan potensi daerah, Gubri Syamsuar menyebutkan sebagian besar BUMDes bergerak dalam bidang pertanian dan perkebunan.

“BUMDes di Riau mengalami peningkatan dan kemajuan, BUMDes juga bergerak di bidang perkebunan dan pertanian, lebih mengembangkan kreativitas,” jelas Syamsuar.

Syamsuar berharap BUMDes ini nantinya bisa mendukung perekonomian desa serta mengurangi angka pengangguran. ***

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww