Home > Berita > Umum

Kabupaten Pelalawan Masuk Daftar 3 Daerah Percontohan Pencegahan Kebakaran Hutan Berbasis Klaster

Kabupaten Pelalawan Masuk Daftar 3 Daerah Percontohan Pencegahan Kebakaran Hutan Berbasis Klaster

Ilustrasi.

Senin, 04 Juli 2022 08:18 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Pelalawan masuk daftar tiga kabupaten di Tanah Air menjadi proyek percontohan dalam program pencegahan kebakaran hutan dan lahan berbasis klaster yang diselenggarakan oleh lembaga sosial kemasyarakatan internasional.

Direktur Eksekutif Kemitraan Laode M. Syarif di Kayuagung, Sabtu, mengatakan tiga kabupaten terpilih itu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Kabupaten Pelalawan, Riau, dan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Program Strengthening Indonesian Capacity for Anticipatory Peat Fire Management (SIAP-IFM) Kemitraan ini didukung US Agency for International Development (USAID), United Nation Environmental Programme (UNEP), Kishugu dari Afrika Selatan dan Center for Climate Risk and Opportunity Management in Southeast Asia Pasific - Institut Pertanian Bogor (CCROM IPB).

Para lembaga ini memfasilitasi penguatan berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla di daerah pilot proyek.

”Kami mencoba melakukan pendekatan klaster di tiga kabupaten ini, nanti hasilnya dapat dijadikan rujukan dari berbagai pihak,” kata dia, dilansir potretnews.com dari liputan6.com.

Ia menjelaskan pendekatan klaster merupakan kegiatan pencegahan kebakaran yang bersifat kolaboratif dan melibatkan semua pihak, seperti pemerintah daerah, Manggala Agni, TNI, kepolisian, perusahaan swasta, dan kecamatan, serta desa," tuturnya. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum, Pelalawan
wwwwww