Sejak Ada ”Lantera”, Kini Masyarakat Kuansing tak Perlu Repot Urus Dokumen Kependudukan ke Kantor Disdukcapil

Selasa, 28 Juni 2022 16:25 WIB
Advertorial
sejak-ada-lantera-kini-masyarakat-kuansing-tak-perlu-repot-urus-dokumen-kependudukan-ke-kantorSuasana pelayanan dokumen adminduk kepada masyaarkat salah satu desa di Kabupaten Kuantan Singingi, baru-baru ini/F-ISTIMEWA

KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com — Dalam rangka pemenuhan kebutuhan administrasi kependudukan (adminduk) masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melaksanakan kegiatan pelayanan terpadu ke desa-desa di 15 kecamatan di wilayah tersebut.

Apa yang dimaksud dengan Administrasi Kependudukan?

Kepala Dinas Dukpencapil Kuantan Singingi Refendi Zukman menjelaskan, Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/19072022/potretnewscom_qzgdr_2417.jpgSuasana pelayanan dokumen adminduk kepada masyarakat salah satu desa di Kabupaten Kuantan Singingi, baru-baru ini/F-ISTIMEWA

Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan.

Dalam sebuah bincang-bincang dengan potretnews.com, Selasa (28/6/2022), Refendi mengemukakan, kegiatan tersebut dimulai hari Senin (27/6) di Desa Kasang Kec. Kuantan Mudik, kemudian dilanjutkan Selasa (28/6) di kantor camat Kuantan Hilir, sementara di hari ketiga Rabu 29 Juni dilaksanakan Kecamatan Inuman, tepatnya Desa Pulaupanjang.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/19072022/potretnewscom_dyb6m_2418.jpgSuasana pelayanan dokumen adminduk kepada masyarakat salah satu desa di Kabupaten Kuantan Singingi, baru-baru ini/F-ISTIMEWA

Selanjutnya, kata Refendi lagi, berdasarkan jadwal yang sudah disusun, pada hari Kamis (30/6) kembali dilaksanakan perekaman keliling di Kecamatan Hulu Kuantan yang berpusat di kantor camat. Kemudian pada Senin 4 Juli 2022 berlanjut di Desa Pulaukumpai Kecamatan Pangean, dan dilanjutkan Selasa 5 Juli di Desa Banjarlopak Kecamatan Benai.

Selanjutnya pada Rabu 6 Juli 2022 kegiatan serupa dilaksanakan di Desa Sukaaja Kecamatan Logas Tanah Darat. Lalu pada Kamis 7 Juli 2022 dilaksanakan di Desa Danau Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, dan di hari Senin 11 Juli 2022 digelar di Desa Geringgingbaru Kecamatan Sentajoraya.

Pada Selasa 12 Juli 2022 dilanjutkan lagi perekaman keliling ke Kecamatan Gunungtoar tepatnya di Desa Pisangberebu. Lalu, hari Rabu 13 Juli 2022 di Desa Kampungbaru Timur Kecamatan Cerenti. Hari berikutnya, Kamis 14 Juli 2022 giliran Kecamatan Singingi Desa Petaibaru. Adapun Kecamatan Singingi Hilir tepatnya di Desa Simpangraya mendapat jadwal Selasa 17 Juli 2022, dan terakhir di Desa Kopah Kecamatan Kuantan Tengah.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/19072022/potretnewscom_mglbk_2419.jpgPenyerahan KTP elektronik kepada pelajar yang sudah berumur 17 tahun di salah satu desa di Kabupaten Kuantan Singingi, baru-baru ini/F-ISTIMEWA

Refendi menyebut bahwa ketika pelayanan adminduk ini diberikan, maka saat itu juga bisa langsung dicetak aplikasi pelayanan. Pada bagian lain dia mengatakan, pihaknya juga bekerja kerja sama dengan KPU Kuansing untuk turun ke sekolah-sekolah guna melakukan perekeman kepada pelajar yang sudah berumur 17 tahun.

Adapun untuk perekaman ke sekolah baru dilaksanakan di dua sekolah yaitu di MAN 1 Telukkuantan dan dan SMAN 1 Telukkuantan. Dengan kegiatan perekaman keliling tersebut kadis berharap masyarakat dapat memanfaatkan pelayan keliling yang dilaksanakan, sehingga masyarakat tidak perlu ke Kantor Dinas Dukcapil. ”Program ini dinamakan Layanan Terpadu Adminduk yang disingkat Lantera,” pungkas Refendi. (Adv)

wwwwww