Home > Berita > Umum

Lagi, PHR Raih Penghargaan CSR Tingkat Nasional

Lagi, PHR Raih Penghargaan CSR Tingkat Nasional
Kamis, 23 Juni 2022 17:23 WIB
Abdul Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kontribusi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kembali membuahkan prestasi di kancah nasional. Kali ini PHR menerima anugerah Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2022 Kategori Perak untuk dukungan terhadap program TJSL Desa Wisata Kampung Patin, Desa Koto Mesjid, di Kabupaten Kampar, Riau. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dengan disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin dalam sebuah acara di Jakarta pada Kamis (23/6).

Anugerah ini diberikan untuk kontribusi Percepatan Pembangunan Desa dalam Pencapaian SDG’s Desa melalui Badan Usaha Milik Desa dan Program CSR Lainnya. PHR meraih predikat Outstanding dengan bobot nilai 81,51 dalam ajang tersebut. Penghargaan ini merupakan kerja sama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF).

“Kita harus terus memaksimalkan pemberdayaan SDM dan UMKM di desa agar tidak ada lagi desa tertinggal dan sangat tertinggal. Apresiasi kami berikan kepada perusahaan BUMN ataupun swasta yang terus mendorong agar program ini terus berjalan dan membantu lebih banyak orang,” tutur Wapres RI Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Beberapa prestasi yang diraih Desa Wisata Kampung Patin sebelumnya, antara lain, Juara I Nasional untuk Perguruan Tinggi Pendamping Desa Wisata (2020) dan Juara II Kategori Souvenir pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (2021). Desa ini juga telah mendapatkan Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) dan Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan. Pada pertengahan September 2021 lalu, Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kampung Patin tersebut.

“Anugerah CSR dan PDB Awards menjadi bukti bahwa program-program yang kami canangkan selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals dan tentunya berjalan beriringan dengan program-program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah,” ujar VP Corporate Affairs PHR WK Rokan Sukamto Tamrin.

Setelah sukses membina Desa Koto Mesjid, PHR akan mereplika program serupa di Pulau Rupat, Bengkalis, untuk membantu pengembangan wisata bahari. Pelaksanaan program berdasarkan pemetaan sosial dan diselaraskan dengan peta jalan Pemprov Riau dalam pengembangan pariwisata di Bumi Lancang Kuning. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww