Home > Berita > Umum

Dua Fakultas di Unilak Jadi Pendamping Sekolah Pusat Keunggulan di 3 Provinsi, Ini Daftarnya

Dua Fakultas di Unilak Jadi Pendamping Sekolah Pusat Keunggulan di 3 Provinsi, Ini Daftarnya
Selasa, 07 Juni 2022 20:50 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, melalui Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian mendapat kepercayaan sebagai pendamping program SMK Pusat Keunggulan (PK). Penunjukkan tersebut dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pendampingan program SMK di Riau.

"Fakultas  Teknik dan Fakultas Pertanian dipercaya menjadi pendamping bagi SMK Pusat Keunggulan yang di gagas oleh Dirjen Vokasi Dikti, bidang yang didampingi yaitu Agroteknologi, Agribisnis, Teknik Instalasi dan Tenaga Listrik, Perikanan, Permesinan dan Konstruksi," ujar Wakil Rektor I Unilak Bidang Akademik Zamzami saat dihubungi Selasa, (6/6/2022).

Dijelaskannya, dalam pendampingan program SMK Pusat Keunggulan oleh perguruan tinggi merupakan program dari Kemendikbud. Tujuan pendampingan pusat keunggulan yaitu melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan program SMK PK. Ada 11 Sekolah Kejuruan di Riau, Kepri, dan Bangka Belitung yang akan kita dampingi. Tujuannya adalah menganalisa SDM, peningkatan kompetensi, siswa maupu guru guru, serta mengembangkan potensi yang ada di SMK.  ujarnya.

Tujuan lainnya, menurut Zamzami, dalam pendampingan SMK PK yaitu mendampingi sekolah dalam mencapai target luaran, hasil dan dampak output, outcome, impact yang diinginkan.Lalu melakukan program oversight atau rencana pengadaan peralatan, rencana pelatihan guru dan kepala sekolah, serta pembelajaran.

Dalam tahapan pendampingan ini ada memonitoring capaian pembelajaran dan aspek link and match di sekolah. Unilak sebagai perguruan tinggi yang telah mendapatkan kepercayaan dari Dirjen Pendidikan Vokasi nantinya akan membentuk tim yang akan mendampingi SMK PK yang terdiri dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan," ucapnya.

Perguruan tinggi untuk dapat menjadi pendamping SMK PK, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud telah menetapkan lima kriteria, yaitu perguruan tinggi akreditasi B/baik sekali; rekam jejak bermitra dengan dunia industri.

Sekolah yang menjadi pendamping Fakultas Teknik Unilak yaitu SMKN 1 Tapung Kampar Riau, SMK Swasta Bakti Agro Indragiri Hilir (Inhil) Riau, SMK 1 Kempas Inhil, SMK 1 Pangkalan Kuras Kerinci, SMKS Islam Inayah Ujung Batu Rohul, SMKN 1 Kunto Darussalam Rohul, SMK 4 Pangkalan Pinang Bangka Belitung, SMKN 2 Tanjung Pandan Bangka Belitung, SMK 1 Karimun Kepulauan Riau, SMK 1 Mempura Siak, dan SMK 2 Pekanbaru.

Sementara Dekan Fakultas Teknik Unilak Dr Zainuri mengatakan kita akan berikan masukan kepada kepala sekolah-sekolah, kemudian guru guru. Tadinya kita dapat 3 sekolah, kemudian tahun ini meningkat, ini tanda Teknik dipercaya, Kementerian. Manfaat bagi siswa ini bisa sharing ilmu. di Teknik ada kewajiban dosen ini tidak hanya mengajar tapi juga penelitian, mereka jika selesai lulus SMK bisa langsung masuk ke Teknik Unilak. "Allhamdulilah kita di percaya kembali menjadi pendamping  SMK PK." ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww