Home > Berita > Umum

133 JCH Kabupaten Bengkalis Masuk Kloter 8, Siap Berangkat 22 Juni Mendatang

133 JCH Kabupaten Bengkalis Masuk Kloter 8, Siap Berangkat 22 Juni Mendatang
Selasa, 07 Juni 2022 17:10 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Setelah Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag RI) mengumumkan kuota keberangkatan haji, baik reguler maupun khusus, pada pertengahan April 2022 kemarin, kini Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bengkalis telah menyelesaikan nama-nama Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 1443 Hijriyah bersamaan tahun 2022 Masehi siap berangkat.

Persiapan penyelenggaraan ibadah haji dan penyelesaian ini terus dilakukan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. JCH yang bisa berangkat haji tahun ini adalah mereka yang berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per tanggal 30 Juni 2022. Selain itu, mereka juga sudah menerima vaksinasi lengkap covid-19.

"Alhamdulillah, untuk data jamaah haji reguler berhak berangkat tahun 2022, per hari ini sudah selesai. Daftar nama tersebut sudah diumumkan dan sudah dikirim ke Kanwil (Kantor Wilayah) Kemenag Provinsi Riau untuk segera ditindaklanjuti,” terang Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Abdul Hamid, Selasa (07/06/2022).

Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Bengkalis yang sebelumnya berjumlah 131 orang, sesuai update data terakhir menjadi 133 orang karena ada penambahan dua jamaah cadangan yang akan berangkat sesuai dengan kloter (Kelompok Terbang) 8 gelombang 2 dari Embarkasi Haji Antara (EHA ) Pekanbaru menuju Batam mulai tanggal 22 juni 2022 mendatang.

"Semua persiapan sudah kami lakukan, mulai bimbingan manasik haji dari tingkat Kabupaten sebanyak dua kali dan Kecamatan sebanyak empat kali. Serta pembekalan Karu (Ketua Regu)/ Karom (Ketua Rombongan) sebanyak satu kali. Kemudian, pendistribusian koper kepada masing-masing JCH telah selesai dibagikan," tambahnya .

“Kami juga merencanakan ada pelepasan keberangkatan jamaah calon haji secara simbolis oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni. Untuk waktunya kapan, kami masih berkoordinasi dengan bidang Kesra, tapi kalau sesuai jadwal kami akan melaksanakan rapat pada 10 juni 2022. Namun, kami tetap menyesuaikan atau mengikuti hasilnya nanti," ujarnya.

H Abdul Hamid menambahkan, nantinya jamaah dari Kabupaten Bengkalis yang terdaftar di kloter 8 akan bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Rokan Hulu, Kuantan Singingi dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kami menyiagakan untuk petugas kloter ada dua orang dari Kemenag Bengkalis. Yang intinya mereka mendampingi jamaah selama ibadah haji berlangsung," tandasnya.

Untuk diketahui, Calon Jamaah Haji yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1443 H/ 2022 M sebagai petugas dari Kantor Kemenag Bengkalis adalah H Abdul Hamid sebagai Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan stafnya Alfi Syahrudin sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Kasi Pais Khairunnizan sebagai Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI).

133 JCH Kabupaten Bengkalis berasal dari Kecamatan Bengkalis sebanyak 37 jamaah, Bantan 10 jamaah, Bukit Batu 7 jamaah, Siak Kecil 5 jamaah, Rupat 2 jamaah, Rupat Utara 2 jamaah, Mandau 64 jamaah dan Kecamatan Pinggir sebanyak 6 jamaah. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww