Home > Berita > Umum

Formed Sarankan Lokasi Konferprov XV PWI Riau Dipindah ke Pekanbaru dan tidak di Hari Kerja

Formed Sarankan Lokasi Konferprov XV PWI Riau Dipindah ke Pekanbaru dan tidak di Hari Kerja

Koordinator Presidium Formed,

Kamis, 02 Juni 2022 22:50 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Forum Lintas Media (Formed) Riau menyarankan agar pengurus atau panitia pelaksana menjadwal ulang terkait waktu dan lokasi pelaksanaan Konferensi Provinsi (Konferprov) XV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau yang dijadwalkan akan digelar selama 3 hari mulai tanggal  22 hingga 24 Juni 2022 di Kabupaten Bengkalis. Konferensi yang diadakan untuk memilih Ketua PWI Riau periode 2022-2027 itu dinilai sangat tidak akomodatif.

Demikian disampaikan Koordinator Presidium (Koorpres) Formed Riau Muhammad Amin Nasution.

"Ada masukan dan keluhan yang kami terima dari sejumlah anggota aktif PWI Riau mengenai waktu dan lokasi pelaksanaan konferprov yang ditetapkan oleh pengurus atau panitia pelaksana. Jika melihat kalender acara yang ditetapkan oleh panitia, konferprov kemungkinan akan berlangsung di Kabupaten Bengkalis selama tiga hari pada hari kerja, bukan di penghujung akhir pekan atau hari libur. Ini lebih lama pula jadwal konferprov daripada kongres, padahal kita tidak membahas PD/PRT. Harusnya kan (konferensi) lebih cepat dari kongres," ujar Amin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/6/2022).

"Jika semua anggota PWI yang memiliki hak suara dalam pemilihan menghabiskan waktunya selama lima hari ke depan di konferprov itu, apakah panitia tidak memikirkan kesibukan rekan-rekan wartawan yang memiliki tugas peliputan di sejumlah unit kerja pemerintah daerah dan swasta?," tambahnya lagi, sembari menyebut bahwa jumlah anggota PWI Riau paling banyak berdomisili di Pekanbaru.

Selain itu, masih kata Amin, meski pandemi Covid-19 sudah mulai berkurang, namun kondisi perekonomian masih belum dapat dikatakan stabil.

"Bayangkan saja, kita dari Pekanbaru, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kuantan Singingi hendak ke Bengkalis mengeluarkan biaya berapa banyak? Dan untuk menuju Bengkalis pun harus menaiki kapal penyeberangan Ro-Ro (roll on roll off)," pungkasnya.

Untuk itu, Amin kembali mengingatkan, Formed Riau mengharapkan pengurus provinsi atau panitia pelaksana untuk mempertimbangkan keluhan kami dari Formed dan menjadwal ulang waktu dan lokasi pelaksanaan Konferprov PWI Riau.

"Kami dari Formed, forum yang berisikan wartawan dari lintas media cetak, elektronik dan siber/online, berharap agar Konferprov PWI Riau 2022 terlaksana dengan sukses dan menjadi arena pertarungan ide dan konsep bagi para kandidat Ketua PWI berikutnya untuk kemajuan organisasi yang kita cintai ini," tandasnya.

Pada bagian lain Amin menyarankan, pengurus provinsi mengundang Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Pusat Ilham Bintang untuk hadir dalam rangka melihat sekaligus mengawasi apakah pelaksanaan konferprov benar-benar sudah sesuai PD/PRT dan tidak ada campur tangan dari pengurus pusat. Apalagi, imbuh Amin, persoalan peserta yang kartunya dalam proses perpanjangan berpotensi menimbulkan kegaduhan.

"Kami mengingatkan agar dalam konferprov nanti pengurus pusat bersikap adil dan tidak memihak ke salah satu kandidat. Sekaligus kami juga memohon agar Ketua DK PWI Pusat Bapak Ilham Bintang bisa hadir untuk ikut mengawasi jalannya konferensi hingga terpilihnya formatur/ketua periode 2022-2027," pungkas Amin.

Sekadar informasi, jarak kota Bengkalis dengan Ibu Kota Provinsi Riau (Pekanbaru) sejauh 173 km. Untuk mencapai ibukota provinsi digunakan dua jalur transportasi yaitu laut dan darat, dengan jarak tempuh sekitar ***

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww