Home > Berita > Umum

Hadiri Halalbihalal IKPPBR, Wagub Sumbar Puji Kekompakan Warga Pasaman dan Pasaman Barat di Riau

Hadiri Halalbihalal IKPPBR, Wagub Sumbar Puji Kekompakan Warga Pasaman dan Pasaman Barat di Riau

Wagub Sumbar Audy Joinaldy melantik pengurus IKPPBR periode 2022-2027./F-IST

Minggu, 29 Mei 2022 15:13 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Halal bihalal Ikatan Keluarga Pasaman dan Pasaman Barat Riau (IKPPBR) berlangsung meriah, Minggu (29/5/2022). Hampir seribu warga IKPPBR memadati Ballroom Grand Suka Hotel Pekanbaru yang menjadi lokasi acara.

Kegiatan halal bihalal ini dirangkai dengan pelantikan pengurus IKPPBR periode 2022-2027. Pelantikan dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy, dan dihadiri Bupati Pasaman Benny Utama dan Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi SAg. Turut hadir sejumlah pejabat dari Riau, yakni Asisten III Setdaprov Riau Joni Irwan dan Asisten Adm Umum Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi.

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman Benny Utama mengapresiasi kekompakan masyarakat Pasaman dan Pasaman Barat di Provinsi Riau. "Meski Kabupaten Pasaman sudah dimekarkan beberapa tahun lalu dengan hadirnya Kabupaten Pasaman Barat, namun di Pekanbaru, Riau, masyarakat tetap bersatu," ujar Benny.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi mengatakan, pemekaran kabupaten hanya secara administrasi. Sementara keakraban dan silaturahmi masyarakat masih tetap terjalin. "Jaga terus persatuan dan kekompakan ini supaya ke depan semakin maju," ujarnya.

Hamsuardi menilai peran perantau dalam membangun kampung halaman sangat penting. Bupati mencontohkan satu nagari di Pasaman Barat ada yang menjadi binaan perantau.

Ia menambahkan, walau Pasaman Barat dinyatakan tidak lagi terisolir, namun akses jalan masih belum memadai. Oleh karenanya ia berharap persoalan ini kedepannya akan berubah lebih baik lagi.

Hamsuardi juga mengajak para perantau untuk berinvestasi di Pasaman Barat terutama sektor pariwisata yang belum tergarap. "Potensi wisata Pasaman Barat sangat menjanjikan. Jika digarap secara baik melalui investasi para perantau tentu akan lebih baik lagi," sebut bupati.

Kekompakan warga Pasaman dan Pasaman Barat di Provinsi Riau juga mendapat pujian dari Wagub Sumbar Audy Joinaldy. Meskipun secara administrasi kedua wilayah sudah berpisah, namun kekompakan masyarakat dinilainya masih sangat terasa. Hal ini, ujarnya, tidak terlepas juga dari kekompakan kepala daerahnya.

"Kalau kompak pemimpin dan masyarakat, akan mudah dalam bersinergi dan membangun," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wagub Audy menjelaskan juga soal progres pembangunan jalan tol. Terkait pembebasan lahan saat ini sudah hampir 60 persen. "Persoalannya bukan karena masyarakat menolak jalan tol, namun ada permainan dalam pembebasan lahan," bebernya.

Audy menyebutkan, Kabupaten Pasaman diproyeksikan menjadi sentra ikan air tawar di Sumatera. Ke depan akan dibangun pabrik pakan ikan. Kemudian akan dibangun planetarium di Bonjol.

"Untuk di Pasaman Barat tahun ini akan dibangun pabrik pakan ternak. Serta pembenihan jagung. Pasaman Barat dibidik menjadi kota baru sebagai pusat investasi besar," tuturnya.

Sementara itu, Ketua IKPPBR yang baru dikukuhkan, Dr Zulfikri Toguan SH MH, dalam sambutannya menegaskan akan menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Menurutnya kepengurusan ini akan menjadi ringan jika mendapat dukungan dari semua pihak. ***
Kategori : Umum
wwwwww