Home > Berita > Umum

13 Proposalnya Berhasil Lolos, Universitas Muhammadiyah Riau Raih Hibah PKM Terbanyak untuk LLDikti Wilayah X

Minggu, 29 Mei 2022 08:00 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) meraih hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) terbanyak di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X dan peringkat 2 nasional di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia.

Atas perolehan prestasi itu Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA mengucapkan selamat dan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), para dosen pembimbing serta kelompok mahasiswa.

“Tentu kita bersyukur, Alhamdulillah atas perolehan prestasi ini. Saya ucapkan selamat, terimakasih serta apreciate untuk Ketua dan Tim LPPM, para dosen pembimbing serta segenap kelompok mahasiswa” ujar Saidul Amin, di Gedung Rektorat UMRI, jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, Sabtu (28/5/2022).

Dia berharap raihan prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. Untuk itu, lanjut Saidul, ia juga berencana memberikan stimulus berupa reward bagi dosen pembimbing dan mahasiswa.

“Saya berharap prestasi ini dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Saya berencana akan memberikan stimulus berupa reward yang sesuai bagi dosen pembimbing dan mahasiswa yang mengikuti program ini” timpalnya.

Sementara itu Ketua LPPM, Dr Aidil Haris SSos MSi mengatakan perolehan hibah terbanyak PKM tahun 2022 ini merupakan upaya serius yang dilakukan UMRI untuk mendorong mahasiswa agar memiliki prestasi sesuai bidang kompetensi yang dimilikinya. Dari kuota 250 proposal yang disediakan Ristekditi untuk Umri berdasarkan posisi pada klaster 2, Umri hanya mampu memenuhi sejumlah 142 usulan proposal PKM. Dari 142 proposal tersebut, ternyata yang lolos sejumlah 13 proposal dari berbagai bidang.

“Alhamdulillah, untuk lingkungan LLDikti Wilayah X yang terdiri dari wilayah Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, ternyata Umri berhasil meraih hibah PKM terbanyak peringkat 1. Untuk lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), Umri berada pada posisi 2 peraih hibah PKM terbanyak setelah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Untuk Perguruan Tinggi Swasta se Indonesia, UMRI berada pada posisi ke 4. Secara nasional, baik di lingkungan perguruan tinggi negeri maupun swasta, UMRI berada pada posisi 21 peraih hibah PKM terbanyak,” papar Aidil Haris yang juga Pengamat Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Riau.

Dari 13 proposal hibah PKM yang lolos didanai pada tahun 2022 ini, Aidil menargetkan kesemuanya bisa masuk pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Tahun 2022. Oleh karena itu, pihaknya akan selalu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan PKM, baik di tingkat mahasiswa maupun dikalangan dosen pembimbing agar target menuju Pimnas Tahun 2022 dapat tercapai sesuai harapan.

“Kita segera buat berbagai strategi untuk pelaksanaan PKM ini, baik itu bimbingan secara langsung kepada mahasiswa maupun pembinaan bagi dosen pembimbing supaya target menuju Pimnas 2022 dapat terwujud. Target kita tahun ini adalah semua proposal yang lolos ini berhasil menuju Pimnas 2022,” ucap Aidil optimis.

Seperti diketahui, terdapat 8 bidang Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk tahun 2022 yang terdiri dari PKM Riset Eksakta, PKM Riset Sosial Humaniora, PKM Pengabdian kepada Masyarakat, PM Kewirausahaan, PKM Penerapan IPTEK, PKM Karsa Cipta, PKM Karya Inovatif dan PKM Video Gagasan Konstruktif.***

Kategori : Umum
wwwwww