Home > Berita > Umum

Unilak-Pemkab Pelalawan Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Kualitas SDM dan Kesejahteraan Masyarakat

Unilak-Pemkab Pelalawan Jalin Kerja Sama untuk Tingkatkan Kualitas SDM dan Kesejahteraan Masyarakat
Senin, 23 Mei 2022 19:06 WIB
Abdul Roni
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan. Kerja sama dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Unilak Dr Junaidi MHum dan Bupati Zukri Mirsan yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah H Tengku Muklis, Kabag Protokol dan humas, dan pejabat lainnya, di Pangkalankerinci, Pelalawan, Senin (23/5/2022).
Kehadiran pimpinan Unilak disambut hangat oleh bupati di ruang kerjanya. Lebih dari 2 jam kedua jajaran melakukan dialog dan tanya jawab di gedung pemkab. Di awal pertemuan, Junaidi memperkenalkan kampus Unilak. Dikatakannya, Unilak saat ini telah memiliki 21 prodi S1, dan 3 prodi S2. Di tahun 2022 ini Unilak telah berdiri tiga prodi baru yaitu Desain interior, Bisnis Digital untuk strata satu, dan Magister Ilmu lingkungan.

Pada kesempatan itu Junaidi menegaskan siap membantu peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan dalam rangka mendukung program kerja dan visi misi bupati.

Beberapa tawaran yang diberikan Unilak kepada Pemkab Pelalawan di antaranya program pengabdian kepada masyarakat, fasilitasi kepala desa, ASN dan masyarakat untuk kuliah di Pelalawan. Beberapa anak anak asal Kabupaten Pelalawan juga telah mendapatkan beasiswa di Unilak.

”Kami memandang kepala desa memiliki peran strategis dalam pembangunan karena ujung tombak pemerintah, baik pemda maupun pusat, peran kepala desa yang besar tentu harus ditunjang dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan aktifitas pemerintaham desa. Kami menawarkan kepala desa yang belum sarjana untuk dapat melanjutkan pendidikan S-1, bagi mereka yang telah sarjana dapat melanjutkan studi S-2. Dengan peningkatan manajemen desa, pengetahuan dibidang pemerintahan, hukum, sosial, dan ekonomi, tentu akan menunjang dan menambah kemampuan dari perangkat desa. Tidak hanya kepala desa namun juga ASN Pelalawan, bisa juga guru guru di Pelalawan,” ujar Junaidi.

Dia mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah memberikan kesempatan untuk MoU. Menurut Junaidi, momen tersebut telah lama dinantikan, dan akhirnya terwujud. ”Pak Bupati masih mudah energik, dan kami mendoakan beliau tetap sehat dan sukses menjadi pemimpin,” ucap Junaidi.

Sementara itu, Bupati Zukri menyambut baik ide dan masukan dari Rektor Unilak. Usulan memfasilitasi perangkat desa, ASN, guru-guru untuk peningkatan akademik patut diberikan apresiasi dan sejalan dengan visi kami.

”Saya sangat tertarik dengan Prodi Bisnis Digital di Unilak. Saya pikir Unilak sangat cepat berproses menangkap peluang itu, karena prodi ini saya pikir seksi dan menjadi incaran banyak orang karena kita sudah beralih dari konvensional ke digital,” kata Zukri Misran.

Dalam forum yang sama, Bupati Pelalawan menyampaikan program kerja Pemkab Pelalawan. Dikatakannya, pemkab berkomitmen untuk peningkatan pendidikan, SDM dan kesejahteraan. ”Beasiswa yang tadi untuk S-1 kini telah kami lakukan untuk S-2, dan doktor. Ini telah menjadi program dalam visi misi kami saat memimpin Pelalawan,” tuturnya.

Usai melakukan penandatanganan MoU, pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan MoA antara Dekan Fakultas Ekonomi Unilak Dr Arizal dan Plt Direktur Pascasarjana Unilak Dr Adolf dengan dengan Sekda Pelalawan H Tengku Muklis.

Di MoU ini, turut hadir Sekretaris Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerja Sama Unilak Dr Nurfaisal, Kabag Media Promosi M Revnu Ohara MKom, jajaran Wakil Dekan Fekon, dosen dan sejumlah staf. ***

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww