Buka Rapat Evaluasi, Bupati Bengkalis Harap Kepala OPD Sampaikan Informasi Mengenai Kemajuan dan Kualitas Pelaksanaan Pelayanan

Senin, 23 Mei 2022 15:03 WIB
Infotorial Pemkab Bengkalis
buka-rapat-evaluasi-bupati-bengkalis-harap-kepala-opd-sampaikan-informasi-mengenai-kemajuan-dan

BATHINSOLAPAN, POTRETNEWS.com — Bupati Bengkalis Kasmarni membuka secara resmi Rapat Evaluasi Triwulan Pertama Pembangunan Daerah Tahun 2022, yang dipadukan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Penguatan Manajemen Risiko pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Senin (23/05/2022) bertempat di salah satu ballroom hotel di Duri.

Rapat tersebut dihadiri seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis termasuk camat se-Kabuapaten Bengkalis, Direktur RSUD Bengkalis dan Mandau serta seluruh Kepala Bagian di lingkup Sekretariat Daerah Bengkalis.

Pada sambutannya, Bupati Kasmarni mengatakan, rapat ini dilaksanakan guna menginventarisasi setiap permasalahan dari pelaksanaan program dan kegiatan maupun sub kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan tahun 2022, sekaligus sebagai sarana pengendalian tingkat efektivitas, efesiensi dan akuntabilitas capaian kinerja pelaksanaan program unggulan pada perangkat daerah, serta sarana bagi Pemkab Bengkalis dapat melihat langkah serta upaya yang telah dan akan dilakukan oleh setiap perangkat daerah dalam mencapai tujuan sistem pengendalian intern pemerintah.

Tidak hanya itu, "Melalui rapat ini, saya ingin mendengarkan secara langsung konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan dan hasil rencana pembangunan daerah serta kesesuaian antara capaian pembangunan daerah dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan, untuk secara bersama-sama kita evaluasi akan capaian pelaksanaan program pembangunan maupun program unggulan tahun 2022 tersebut, sebagaimana yang telah direncanakan dan dianggarkan oleh setiap perangkat daerah sebagai bentuk implementasi atas pencapaian visi dan misi Kabupaten Bengkalis tahun 2021 – 2026," kata Bupati Bengkalis Kasmarni.

“Melalui forum ini, kepada Kepala Perangkat Daerah dapat menyampaikan informasi mengenai kemajuan dan kualitas pelaksanaan pelayanan dan program, mengidentifikasi masalah dan potensi masalah dalam pelaksanaan pelayanan dan program, memberikan penilaian terhadap keberhasilan pelayanan dan program, baik dari segi output, manfaat maupun dampaknya, dan juga menjelaskan keberhasilan, kekurangan atau kegagalan pelayanan dan program,” pinta Kasmarni.

"Kepada semua perangkat daerah, visi, misi serta delapan program unggulan yang telah kita tetapkan dalam RPJMD Kabupaten Bengkalis tahun 2021-2026, harus menjadi pijakan dalam menyusun arah dan kebijakan pembangunan yang berorientasi pada kebutuhan riil masyarakat Kabupaten Bengkalis," harap Kasmarni.

Sementara itu lanjut Bukkas, beberapa permasalahan dan isu strategis pembangunan di beberapa sektor yang melekat pada kewenangan perangkat daerah, untuk dipelajari sebaik mungkin, dicarikan solusinya dan dioptimalkan potensinya sehingga mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Ingat, muara dari segala aktivitas pembangunan kita adalah bermarwah, maju dan sejahtera, sebagaimana tagline kita "Kabupaten Bengkalis Bermasa". Untuk itu saya minta kepada seluruh perangkat daerah, tanpa terkecuali, untuk dapat meningkatkan kinerjanya. Laksanakan program dan kegiatan sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta senantiasa dapat mengenali dan mengatasi permasalahan maupun kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan, baik secara administrasi, keuangan maupun fisik,” tegas mantan Camat Pinggir tersebut.

"Dalam pencapaian visi, misi serta delapan program unggulan daerah, sangat diperlukan sinergi lintas sektoral, maka saya juga minta, agar pelaksanaan lintas sektor silang manajemen antar perangkat daerah harus diperkuat, jangan hanya mengedepankan ego sektoral. Kolaborasi antar perangkat daerah menjadi isu penting saat ini, sebagaimana disampaikan Inovator Pendiri Apple Macintosh, Steve Jobs, bahwa “sesuatu yang hebat tidak pernah datang dari satu pihak saja, melainkan datang dari hasil kerjasama tim”. Makanya, seluruh perangkat daerah harus bisa berkolaborasi dengan perangkat daerah dan stakeholder lainnya, dalam rangka meningkatkan layanan dan mendukung capaian visi misi pembangunan Kabupaten Bengkalis," pungkasnya.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang telah memprogramkan pelaksanaan evaluasi maturitas SPIP pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, untuk mengimplementasikan SPIP ini secara baik dan berkelanjutan. Dengan harapan pada tahun 2022 ini, maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten Bengkalis dapat mencapai level 3,” harapnya.

Hadir dalam rapat tersebut , Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Rianto dan Hendri, Staf Ahli Bupati Bengkalis, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono, Asisten Prekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir, Pejabat Pengendali Teknis Pada Bidang Akuntabilitas Pemda BPKP Prov Riau Yanerius dan seluruh kepala Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis serta para Camat se-Kabupaten Bengkalis. (Infotorial Pemkab Bengkalis) 

wwwwww