Home > Berita > Umum

6 Pilihan Favorit Menu Buka Puasa Khas Riau yang Enak dan Mengenyangkan!

6 Pilihan Favorit Menu Buka Puasa Khas Riau yang Enak dan Mengenyangkan!
Jum'at, 15 April 2022 10:00 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Anda penikmat kuliner khas Riau? Jika iya, Anda bisa menjajal berbagai makanan khas Riau yang cocok digunakan sebagai pilihan terbaik menu buka puasa khas Riau. Ada banyak hidangan lezat dari daerah Riau yang bisa Anda coba memasak sendiri di rumah. Berikut daftar menu buka puasa khas Riau yang pasti enak, nikmat, dan mengenyangkan.

1. Mie Tarempa

Kalau Anda sedang mencari varian mie dengan rasa asam manis, ada Mie Tarempa khas Riau. Jika dilihat dari penampilan mie tarempa, pasti bikin ngiler dan menggugah selera makan.

Sekilas, mie tarempa mirip dengan mie Aceh. Memiliki cita rasa rempah yang kuat dan mie-nya berwarna kemerahan. Perbedaannya, mie tarempa menggunakan tekstur mie yang lebih tebal dan kenyal, serta potongan daging ikan sebagai topping. Tekstur mie yang tebal dan kenyal serta kuah asam manisnya sempurna untuk jadi menu buka puasa Ramadan nanti!

2. Kue Galopuong Ango

Untuk cemilan manis saat takjil, kue galopuong ango jadi pilihan favorit. Sekilas, kue khas Riau ini mirip dengan klepon khas Jawa. Bedanya terletak pada cara penyajiannya. Saat dikukus, kue ini diberi santan dan bubuk kayu manis.

Kue galopuong jadi jajanan khas Riau yang mudah Anda temui. Bentuk kue ini seperti cincin yang berlubang di bagian tengahnya, diisi dengan gula pasir, santan, dan rempah. Aroma khas dari kue ini gurih nikmat dan cocok untuk menu buka puasa!

3. Asam Durianbaung

Dari Pekanbaru, Riau, Anda bisa memilih menu buka puasa asam durianbaung. Ikan yang digunakan adalah ikan yang berdaging seperti ikan baung.

Ikan yang bertekstur lembut, tebal, dan duri halus ini diolah bersama tempoyak durian yang difermentasi selama 1 minggu dan ditutup. Sekilas, bentuk ikan baung memang mirip seperti ikan lele yang ditemukan di sungai, rawa, danau, dan lainnya. Ikan ini cocok banget dimasak asam pedas atau gulai. Dimasak menggunakan asam tempoyak yang nikmat dan bikin lidah goyang!

4. Ikan Kapiek Bakar

Menu buka puasa khas Riau memang tak jauh-jauh dari olahan ikan. Salah satunya ikan bakar kapiek khas Kabupaten Kampar. Ikan kapiek jadi menu andalan warga di sini yang kaya gizi dan nutrisi. Ikan kapiek yang diolah masih segar.

Ikan yang dibersihkan, kemudian direndam air garam dan jeruk nipis agar ikannya makin empuk. Ikan kapiek dilumuri dengan bumbu rempah dan santan kemudian bakar dibakar hingga matang sempurna. Saat ikan sudah kering dan bumbu merasuk, waktunya untuk disajikan. Rasa ikan kapiek bakar yang sedap dan duri lunak cocok disantap dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan segar.

5. Luti Gendang

Luti gendang adalah jajanan tradisional Riau. Loti artinya roti, dan gendang adalah digoreng. Roti yang digoreng ini berbahan dasar tepung terigu, mentega, ragi, dan gula pasir. Adonan luti gendang dicampur hingga kalis. Luti gendang terdiri dari isian daging ayam, keju, cookies, dan coklat. Campuran cream cheese dan susu kental manis, membuat rasa roti ini gurih dan manis. 

6. Otak-Otak Oranye

Kudapan khas wilayah pesisir Riau ini sudah tak perlu lagi diragukan kelezatannya. Siapa yang yang tak tergiur dengan aroma bakaran daun dan isinya yang kenyal, apalagi kalau bukan otak-otak.

Olahan yang dibuat dari hasil laut ini memiliki warna oranye dengan racikan bumbu khas berwarna oranye dari kunyit yang sedap. Pembungkus otak-otak ini dari daun kelapa yang membuat aroma otak-otak makin wangi dan matang sempurna.

Itulah beberapa rekomendasi menu buka puasa khas Riau yang cocok untuk Anda jadikan pilihan menu favorit berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Manalagi makanan khas Riau yang Anda ketahui? ***

Sumber : suara.com
Kategori : Umum, Riau
wwwwww