Mayat-Mayat Bergelimpangan, Tsunami Covid-19 di India Terjadi setelah Gelar Ritual Mandi Bersama di Sungai Gangga yang Libatkan 3 Juta Orang

Mayat-Mayat Bergelimpangan, Tsunami Covid-19 di India Terjadi setelah Gelar Ritual Mandi Bersama di Sungai Gangga yang Libatkan 3 Juta Orang

Mobil Ambulans di India angkut puluhan mayat pasien Covid

Jum'at, 30 April 2021 21:31 WIB

POTRETNEWS.com — Tsunami Covid-19 membuat India hancur lebur. Sejumlah fasilitas umum ditutup. Rumah sakit pun kewalahan menangani pasien Covid-19. Ribuan warga tewas lantaran tidak mendapatkan penanganan medis yang maskimal. Tsunami Covid-19 terjadi setelah negara itu menggelar ritual mandi bersama di sungai Gangga. yang melibatkan 3 juta orang.

Kini, India menuai kaibat dari abainya negara itu menerapkan protokol kesehatan. Mayat-mayat pasien Covid-19 terlantar begitu saja di sejumlah sudut kota. Ambulans kewalahan mengangut mayat pasien. Bahkan, sebuah mobil ambulans nekat mengangkut 22 mayat pasien Covid-19 ke tempat kremasi.

Dilansir dari Dailymail, mayat-mayat tersebut ditumpuk-tumpuk menggunakan kantong mayat dalam satu mobil ambulans bak onggokan sampah. India melaporkan 386.452 terinfeksi Vovid varian baru dan 3.498 kematian secara resmi dicatat pada hari Jumat ini.

Namun etugas medis telah memperingatkan angka sebenarnya bisa sepuluh kali lebih besar, menempatkan infeksi harian pada 3 juta. Pada tingkat itu, negara bisa melihat lebih dari 30.000 kematian akibat virus korona sehari dalam beberapa minggu, tetapi pencatatan yang buruk di negara itu berarti jumlah korban sebenarnya mungkin tidak akan pernah diketahui.

Ambulans yang dibebani dengan korban Covid di negara bagian Maharashtra adalah bukti suram terbaru dari pembantaian yang terjadi di seluruh negara berpenduduk 1,4 miliar itu ketika virus merobek populasi. Petugas polisi dilaporkan menyambar telepon dari tangan orang-orang ketika mereka mencoba memotret ambulans, suspensi kendor karena beban orang mati, di luar kamar mayat di kota Beed pada hari Jumat.

Kepala distrik Beed, Ravindra Jagtap, berjanji akan menghukum mereka yang bertanggung jawab, tetapi menambahkan bahwa hanya ada dua ambulans untuk membawa orang mati ke krematorium kota dan lebih banyak lagi yang dibutuhkan.

India sedang menghadapi badai Covid di dunia, dengan pembakaran kayu bakar di pemakaman sepanjang waktu di Delhi dan Mumbai dan rumah sakit di bawah penjagaan bersenjata untuk melindungi pasokan oksigen.

Meskipun peralatan medis darurat tiba dari Inggris dan Amerika Serikat, termasuk jet kargo USAF dengan 400 tabung oksigen pada hari Jumat, masih ada kekurangan oksigen, obat-obatan dan tempat tidur di seluruh India.

Orang-orang sekarat di jalanan dan di tandu di luar rumah sakit yang penuh sesak, sementara pertandingan kriket Liga Premier India yang menguntungkan dimainkan hanya beberapa ratus meter jauhnya.

Di tengah pembantaian, pasar gelap berkembang untuk mendapatkan keuntungan dari keputusasaan mereka yang mencari oksigen dan obat-obatan dasar lainnya untuk orang yang mereka cintai - sebagian besar palsu atau sama sekali tidak berguna melawan Covid. Tabung oksigen di Delhi dapat berharga lebih dari £ 1.000, dibandingkan dengan sekitar £ 60 sebelum pandemi melanda, sementara dosis obat anti virus remdesivir harganya hampir £ 500 - harga normal kurang dari £ 20,melansir Tribunnews.com.

Remdesivir, awalnya dikembangkan untuk melawan Hepatitis C, telah disetujui untuk penggunaan darurat melawan Covid oleh Inggris dan AS, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan tidak ada bukti yang mendukung penggunaannya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa
wwwwww