Home > Berita > Umum

Rumah Sakit Apung Pertama di Atas Air Bersandar di Sungai Siak Pekanbaru untuk Bantu Pasien Corona

Rumah Sakit Apung Pertama di Atas Air Bersandar di Sungai Siak Pekanbaru untuk Bantu Pasien Corona

Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II di tepi Sungai Siak, Pekanbaru/RIAUPOS.

Sabtu, 19 September 2020 08:11 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sejumlah rumah sakit di Pekanbaru, Riau dilaporkan tak lagi mampu menampung pasien positif corona atau Covid-19. Itu sebabnya, pemerintah daerah di Riau mempersiapkan rusunawa dan hotel berbintang sebagai alternatifnya.

Di tengah kekhawatiran karena terus bertambahnya pasien terjangkit corona, Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II hadir di Pekanbaru dan bersandar di tepi Sungai Siak, persisnya di Pelabuhan Pelindo II, Jumat (18/9/2020) sore.

Rumah sakit apung milik organisasi nirlaba Doctor Share hadir ke Pekanbaru mengemban misi membantu penanganan corona (Covid-19). Melansir Riaupos.co, kehadiran rumah sakit apung itu membawa fasilitas medis beserta beberapa crew dan anak buah kapal (ABK) di dalamnya.

Namun dari luar, tidak nampak petugas medis satupun yang berada di lokasi. Sementara, pengakuan salah satu ABK, mereka sedang dikarantina dan belum diperbolehkan turun ke daratan.

”Kami bersandar dulu," ujarnya, Jumat sore. Pun demikian, para ABK berpakaian bebas itu menyarankan untuk menghubungi koordinator RSA tersebut, dr Stephanie. Stephanie saat dihubungi mengaku masih berada di Jakarta.

”ABK dan kapal dulu yang dikirim. Pekan depan para dokter akan datang ke Pekanbaru," katanya. Dijelaskannya, untuk sementara crew dan awak kapal harus karantina dulu dan pembersihan fasilitas dalam kapal, lantaran kapal baru berlayar selama 20 hari.

Sementara dirinya belum menjelaskan secara detail tujuan RSA tersebut hadir ke bumi lancang kuning. "Itu dulu, nanti kami adakan konferensi pers ya dan juga koordinasi ke Dinkes Pekanbaru," tuturnya.

Diketahui, RSA Nusa Waluya II merupakan rumah sakit apung ketiga milik doctorShare. RSA pertama bernama RSA dr Lie Dharmawan founder Doctor Share, RSA kedua bernama Nusa Waluya I. Nusa Waluya II adalah RSA pertama yang berada diatas kapal tongkang.

Kapal itu dimodifikasi dengan diletakan beberapa kontainer sebagai ruangan rawat pasien. Sementara di lambung kapal tersebut terlihat logo Doctor Share beserta lambang palang merah Indonesia. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww