PotretNews.com Kamis 06 Agustus 2020
Home >  Berita >  Siak

Bayi Berusia 42 Hari PDP Covid-19 di Siak Meninggal Dunia

Bayi Berusia 42 Hari PDP Covid-19 di Siak Meninggal Dunia

Gambar hanya ilustrasi. (INTERNET)

Rabu, 22 April 2020 20:51 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Bayi pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Covid-19 yang masih berusia 42 hari asal Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, meninggal dunia.

Menurut Wakil Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono, hingga Rabu (22/4) sudah 5 PDP yang menghembuskan napas terakhir, salah satunya bayi malang tadi.

”Hari ini PDP yang meninggal wanita berinisial P (55) asal Kecamatan Dayun. Dikebumikan secara protokol Covid-19 di pemakaman korban corona di Belantik Siak. Dia korban pertama yang dikebumikan di sana,” sebut Budhi menjawab wartawan di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Jalan Raja Kecik, Siak Sri Indrapura, Rabu (22/4/2020).

Budhi mengatakan, wanita asal Kecamatan Dayun itu berstatus PDP lantaran masuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian Siak karena sakit stroke dan sakit di bagian tenggorokan. ”Dia masuk rumah sakit dua hari lalu. Hasil rapid test negatif. Sedangkan hasil swab-nya belum keluar,” imbuhnya.

Sementara bayi yang berumur 42 hari berstatus PDP karena ada infeksi di paru-parunya. Memang, kata Budhi, dia tidak ada riwayat perjalanan atau kontak dengan orang lain. Namun, lantaran mengidap penyakit bergejala mirip Covid di tengah wabah ini, dia tetap berstatus PDP.

”Bayi malang itu meninggal pada Jumat 17 April lalu di RS Eka Hospital Pekanbaru. Sebelumnya bayi perempuan ini lahir dengan kondisi sehat dan tidak punya riwayat kontak dengan orang selain ibu/bapaknya. Hasil rapid test-nya juga negatif. Namun karena situasi seperti saat ini, tetap berstatus PDP," kata Budhi yang merupakan Asisten I Setdakab Siak.

Adapun PDP ketiga yang meninggal dunia yakni seorang laki-laki berumur 20 tahun asal Perawang, Kecamatan Tualang. Sebelumnya dia juga dirawat di RS Eka Hospital Pekanbaru. "Gejala yang dialami lelaki ini demam dan batuk. Dia meninggal dunia di rumah sakit tadi dan dikebumikan di Perawang," tuturnya.

Kemudian, PDP keempat dan kelima yang meninggal dunia pria, keduanya warga Kecamatan Siak. Satu berumur 63 tahun dan satunya lagi 60 tahun. Mereka dimakamkan secara terpisah. Pria berumur 60 di pemakaman warga Tionghoa Siak, sementara yang berusia 63 tahun di TPU Suak Santai, Kelurahan Kampungdalam, Kecamatan Siak.

Untuk diketahui, sampai malam ini jumlah PDP di Siak sebanyak 26 orang. Yang sedang dirawat 14, telah sembuh 7, dan yang meninggal dunia 5 orang. Sementara orang dalam pemantauan (ODP) 2.828 orang.

Selanjutnya, tidak ada gejala 29, proses pemantauan 1.210 dan selesai pemantauan 1.589 orang. Pasien yang terbukti positif corona 1 orang, warga Kecamatan Kandis. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Siak, Umum
Loading...
www www