Kota Dumai Jadi Transmisi Lokal Covid-19, Semua Warga yang ke Luar Daerah Otomatis ODP

Kota Dumai Jadi Transmisi Lokal Covid-19, Semua Warga yang ke Luar Daerah Otomatis ODP

Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY.

Selasa, 21 April 2020 10:20 WIB
Muhammad Syahlizan

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Penularan Covid-19 yang disebabkan virus corona, di Kota Dumai, Riau, yang semula dibawa oleh orang yang bepergian ke daerah terpapar, kini telah menjadi transmisi lokal.

Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai merupakan daerah di Provinsi Riau yang berbatasan langsung. Tiga kecamatan di Bengkalis yang bersempatan dengan Dumai adalah Rupat, Bathinsolapan, dan Bandarlaksamana.

Dulu, masyarakat antara dua daerah memang bersatu dan memiliki hubungan tali kekerabatan yang sangat erat. Jika ditelusuri, tidak sedikit warga Dumai yang asal muasalnya dari sejumlah desa di Bengkalis. Karena itu dan sudah menjadi tradisi, ketika menyambut datangnya bulan suci Ramadan, mereka kerab saling bersilaturahmi, saling mengunjungi atau, mudik untuk melakukan ziarah kubur ke kampung halamannya di Bengkalis.

Namun, Pelaksana Harian Bupati Bengkalis H Bustami HY, Senin (20/4/2020) mengimbau dan berharap untuk Ramadhan tahun 1441 Hijriyah ini, tradisi yang baik itu untuk ditiadakan. Alasan H Bustami HY, karena Dumai saat ini sudah menjadi daerah transmisi lokal (DTL) penyebaran Covid-19. Artinya, penularan Covid-19 sudah terjadi antara sesama warga Dumai. Bukan dari daerah atau wilayah lain yang terjangkit Covid-19.

”Sesuai protokol kesehatan, siapa pun yang datang dari Dumai ke wilayah lain langsung dikategorikan orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19. Begitu juga yang pulang bepergian dari Dumai, juga jadi ODP. Harus menjalani isolasi diri di rumah atau karantina mandiri selama 14 hari,” pesannya.

Kepada masyarakat daerah ini, selain ke Pekanbaru yang memang sudah ditetapkan sebagai zona merah Covid-19 dan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), H Bustami HY juga berharap agar tidak bepergian ke Dumai. ”Kecuali untuk urusan yang sangat-sangat penting sekali dengan konsekuensi sepulang dari Dumai tetap harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari karena berstatus Covid-19,” terangnya.

Di bagian lain, karena sudah jadi DTL, kepada masyarakat Bengkalis, terutama yang berada di jalan lintas yang menghubungkan Dumai dengan daerah lain, agar meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

”Ikuti protokoler kesehatan penanganan Covid-19, misalnya jaga jarak aman saat berinteraksi. Jangan lakukan kontak erat atau kontak fisik secara langsung dengan mereka,” pungkas Bustami HY. ***

wwwwww