Home > Berita > Umum

Dua Kali Rapid Test Covid-19 Hasilnya Positif, Warga Siak Meninggal di RSUD Tengku Rafian

Dua Kali <i>Rapid Test</i> Covid-19 Hasilnya Positif, Warga Siak Meninggal di RSUD Tengku Rafian

Ilustrasi. (DETIK.com)

Minggu, 12 April 2020 18:15 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Duka akibat infeksi virus corona (Covid-19) terus terjadi. Seorang warga Kabupaten Siak, Riau, meninggal dunia Sabtu (11/4/2020) malam di RSUD Tengku Rafian.

Dari hasil rapid test, pria berinisial SN berusia 63 tahun yang bertempat tinggal di salah satu kelurahan Kecamatan Siak itu positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Tonny Chandra menjelaskan, satu pekan sebelum meninggal dunia, pasien sempat mengeluh sakit tenggorokan dan berobat ke RSUD Tengku Rafian Siak.

”Almarhum pun diberikan obat oleh petugas medis dan diperbolehkan pulang (tidak dirawat)," kata Tonny saat dikonfirmasi potretnews.com, Ahad (12/4/2020).

Pada Sabtu (11/4) pukul 17.30 WIB, SN kembali dibawa ke RSUD lantaran masih mengalami sakit radang tenggorokan hingga tidak nafsu makan. Mendengar keluhannya, dokter pun memberikan cairan infus kepada korban.

Namun, pada pukul 19.20 korban sudah meninggal dunia dan langsung dibawa ke rumah duka. "Waktu itu dokter belum menyampaikan diagnosa penyakit korban. Kira-kira pukul 21.00 WIB, pihak rumah sakit sudah memperoleh hasil rapid test, bahwa korban positif Covid-19,” sebut Tonny.

Tak lama setelah itu, tutur Tonny, babinsa dan Babinkamtibmas daerah itu melakukan pengecekan ke rumah duka. Mereka mendapati sudah banyak warga melayat di sana. Melihat itu, kedua petugas langsung memberikan imbauan agar masyarkat menjaga jarak dengan jenazah.

”Pelayat pun disuruh pulang ke rumah masing-masing untuk membersihkan diri dan isolasi mandiri selama 14 hari. Apabila ada gejala demam, batuk dan sakit tenggorokan agar segera ke puskesmas atau rumah sakit," ucapnya.

Pada pukul 21.30 WIB, imbuh dia melanjutkan, peronel TNI/Polri sudah ramai mendatangi rumah duka memberikan pengamanan. Tak lama kemudian datang mobil ambulans RSUD Tengku Rafian Siak ke rumah duka menjemput jenazah.

”Jenazah langsung dikebumikan malam itu juga TPU Suak Santai, Kelurahan Kampungdalam, Kecamatan Siak sesuai protap pemakaman Covid-19,” kata Tonny.

Menurut Tonny, hasil rapid test yang dilakukan sebanyak dua kali kepada korban belum tentu akurat. Pihaknya masih menunggu hasil swab dari laboratorium di Jakarta.

”Kita masih tunggu hasil swab tenggorokan untuk memastikan apakah korban betul-betul terkena virus corona. Apalagi kepada dokter saat korban berobat dia mengatakan tidak punya riwayat perjalanan ke luar kota. Tapi sekali lagi saya sampaikan, hasil rapid test memang betul korban positif Covid-19,” tandasnya. ***

Kategori : Umum, Siak
wwwwww