Home > Berita > Inhil

DPRD Inhil Undang Instansi Terkait Bahas Formula Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

DPRD Inhil Undang Instansi Terkait Bahas Formula Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

Suasana rapat yang diinisiasi DPRD Inhil dalam rangka mencari solusi terhadap warga terdampak Covid-19.

Rabu, 08 April 2020 16:44 WIB
Muhammad Yusuf

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Kondisi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang terdampak secara ekonomi dan sosial akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19 mendapat perhatian dari wakil rakyatnya.

Untuk itu, Komisi DPRD Inhil menggelar rapat bersama dandim, kapolres, Disnakertran serta Dinas Sosial yang dipimpin langsung Ketua DPRD, Dr H Ferryandi, Selasa (7/4/2020) malam di ruangan rapat paripurna.

”Rapat ini digelar untuk membantu percepatan pendataan masyarakat kita yang akan menerima kartu prakerja serta mencari formula agar dampak sosial dari musibah pandemi ini bisa kita minimalisir di tengah masyarakat,” kata Ferryandi dalam sambutannya.

Ferryandi memaparkan, pemerintah pusat telah memberikan untuk Propinsi Riau sebanyak 92.893 kartu pra kerja dan memberikan tenggat waktu pendaftaran bagi daerah sampai tanggal 10 April 2020.

”Untuk itu kita yakinkan bahwa dinas terkait, dalam hal ini Disnakertrans dan Dinas Sosial tidak akan bekerja sendiri mengumpulkan data masyarakat terdampak itu. Mereka akan dibantu aparat TNI, kepolisian serta semua Anggota DPRD Inhil,” ucapnya.

Paparan Ketua DPRD Inhil itu juga dikuatkan Kapolres Inhil, AKBP Indra Duaman Siahaan serta Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal.

”Kita melihat dampak penyebaran virus Covid-19 ini dari sisi keamanan, karena anjloknya ekonomi masyarakat akan memunculkan kerawanan sosial dan terganggunya ketertiban umum. Oleh karena itu kita mendukung sepenuhnya upaya pemerintah pusat dalam mengurangi dampak itu seperti adanya kartu prakerja ini,” tandas Kapolres Inhil, AKBP Indra Duaman Siahaan.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal yang mengatakan bahwa data data masyarakat yang terdampak langsung dari musibah Covid-19 ini harus dipenuhi secara maksimal.

”Kita harus menyerap secara maksimal bantuan dari pemerintah pusat itu, agar efek kerawanan sosial dari Covid-19 bisa kita minimalisir, untuk itu data yang akurat harus kita miliki,”kata dandim.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, HM Taher menyatakan pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk membantu percepatan pendataan masyarakat terdampak yang berhak menerima kartu prakerja tersebut.

”Kita sangat mengapresiasi langkah yang diambil pimpinan serta Komisi IV DPRD Inhil bersama TNI dan Polri dalam membantu percepatan pendataan ini, kita juga sudah membentuk tim yang siap diterjunkan mendata masyarakat kita yang berhak secara maksimal,” pungkas Taher yang diamini Kadissos Inhil, Syaifudin Hamdan. ***

Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww