Warga Bicara soal Dana Rp300 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Bengkalis

Warga Bicara soal Dana Rp300 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Bengkalis
Sabtu, 04 April 2020 08:06 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akhirnya menetapkan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat Pelaksana harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY dengan DPRD setempat, Senin (30/3/2020) lalu.

Dalam rapat tersebut, Bustami yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah, menjelaskan bahwa dana sebesar Rp300 miliar tersebut diambil dari realokasi berbagai kegiatan di setiap perangkat daerah di pemkab dengan sebelumnya dilakukan identifikasi kegiatan yang bisa dilakukan dengan realokasi dan refocusing anggaran 2020.

Bagaimana respons masyarakat Bengkalis? Seorang warga bernama Reza Alfian Suhaimi yang juga seorang politisi PAN Bengkalis menyampaikan pendapat pada akun Facebook-nya, Rabu, (1/4/2020). Dia mempertanyakan tentang sumber penghitungan nilai Rp300 miliar tersebut.

”Kita heran, mengapa tiba-tiba muncul angka Rp300 miliar? Rp200 miliar untuk bantuan langsung, dan Rp100 miliar untuk kebutuhan medis? Dari mana hitungannya? Apa tingkat status bencana yang telah ditetapkan pemda? Sementara itu kondisi riil bencana nonalam wabah Covid19 di Bengkalis per 31 Maret 2020 jumlah ODP 2.985 jiwa, PDP berjumlah 9 kasus. Yang telah menyelesaikan masa ODP berjumlah 662 jiwa. Melihat kondisi statistik yang makin membaik memberikan harapan yang besar Bengkalis akan terbebas dari wabah Covid-19.(sumber: Diskominfotik Bengkalis)," tulisnya seraya menjelaskan bahwa tulisannya tersebut merupakan pendapat pribadi dan bukan representasi pandangan DPD PAN Kabupaten Bengkalis.

Komentar juga datang dari sejumlah netizen dan ada juga yang membagikan postingan di akun Facebook-nya Abi Bahrun Muhammad yang diposting Selasa, (31/3/2020). Dalam pandangannya, dia berharap agar dana tersebut dikonversi berbentuk dana tunai dan langsung dikirimkan ke rekening seluruh kepala Keluarga secara proporsional berdasarkan banyaknya jumlah anggota keluarga.

Hal tersebut dikatakannya lebih efektif dan efisien untuk menghindari adanya biaya-biaya lain yg timbul dalam distribusi dan menghindari adanya celah ketidakadilan dalam pembagian. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww