Antisipasi Jumlah PDP Corona Melonjak, Pemkab Kuansing Manfaatkan Gedung Rusunawa Milik Pemprov Riau

Antisipasi Jumlah PDP Corona Melonjak, Pemkab Kuansing Manfaatkan Gedung Rusunawa Milik Pemprov Riau

Bupati Kuansing H Mursini meninjau gedung rusunawa.

Jum'at, 03 April 2020 21:07 WIB
Kasmalinda

TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com — Upaya percepatan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terus dilakukan pemerintah daerah setempat dengan mempersiapkan segala fasilitas kesehatan.

Selain rumah sakit dan puskesmas yang ada, pemkab juga memanfaatkan gedung rusunawa di Desa Beringin Telukkuantan untuk dijadikan ruangan karantina bagi pasien dalam pengawasan (PDP).

Rencana itu disampaikan Kadis Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (Perkim) dan Pertanahan Kuansing, H Ridwan Amir kepada potretnews.com, Kamis (2/4/2020) melalui telepon selulernya.

Terkait status penggunaan gedung rusunawa tersebut, dia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan surat permohonan untuk pinjam pakai gedung tersebut kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat c.q. Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan melalui Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Riau di Pekanbaru.

”Oleh karena itu melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman kita mengajukan surat permohonan untuk pinjam pakai gedung kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” sebutnya.

Ridwan Amir mengatakan, sehubungan dengan instruksi pemerintah pusat tentang penanganan antisipasi penyebaran Covid-19 agar tidak makin meluas, maka Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan mengambil langkah-langkah guna percepatan penanganan Covid-19.

”Upaya ini merupakan sebagai salah satu langkah strategis dan konkret serta kepedulian nyata pemerintah daerah kepada masyarakatnya dalam pencegahan Covid-19,” tandasnya.

Selain itu, Ridwan Amir, minimnya ruangan isolasi karantina yang ada di RSUD Telukkuantan yang hanya mampu menampung 8 pasien menjadi alasan pihaknya mengajukan permohonan pinjam pakai gedung rusunawa jika jumlah PDP melonjak. ***

wwwwww