Home > Berita > Riau

Lewat Rapat Virtual, PW Muhammadiyah Riau Bentuk Satgas Penanggulangan Covid-19

Lewat Rapat Virtual, PW Muhammadiyah Riau Bentuk Satgas Penanggulangan Covid-19

Gambar hanya ilustrasi. (RADARBOGOR)

Rabu, 01 April 2020 08:10 WIB
Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Mencermati perkembangan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19) serta dampak yang ditimbulkannya, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Riau membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Wabah Covid-19 yang disebut Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center.

Pembentukan satgas tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor : 007/KEP/II.0/D/2020, yang dasarnya merujuk pada Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

”Bismillahirrahmanirrahiim, pada malam hari ini saya telah menandatangani SK penunjukan Bapak dan Ibu sekalian sebagai personalia Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center. Saya berharap kita semua dapat mengemban amanah ini dengan ikhlas sebagai amal kebaikan karena ini adalah tugas yang mulia,” tandas Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr Saidul Amin MA dalam arahan rapat virtual pada Selasa (31/3/2020) malam bersama para pimpinan organisasi otonom, majelis dan lembaga, amal usaha tingkat wilayah.

Menurut Saidul Amin, seraya mengutip sebuah hadis sahih bahwa orang yang stay at home ketika wabah penyakit (taun) atau virus terjadi, maka Allah akan memberikan pahala sama dengan orang mati syahid. Lalu bagaimana pula balasan yang diberikan Allah kepada mereka yang tidak diam, tapi justru bergerak dinamis untuk menyelamatkan orang lain dan berupaya dengan daya, upaya dan doa agar badai cepat berlalu. Tentu pahalanya akan jauh lebih mulia dari orang yang mati syahid.

”Semoga balasan seperti ini yang akan didapatkan oleh seluruh penggerak personalia Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center,” ujar Saidul Amin dalam keterangan tertulis kepada potretnews.com.

Personalia yang ditunjuk dalam Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center diketuai oleh drg Helda Suryani Munir yang dibantu beberapa tenaga medis dari klinik Muhammadiyah dan Klinik Aisyiyah, tenaga bidang jaringan relawan Persyarikatan, bidang pusat data, informasi dan publikasi, bidang pendidikan dasar menengah dan tinggi serta bidang ketahanan pangan.

Sementara itu, Ketua Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center drg Helda Suryani Munir mengatakan bahwa dibentuknya tim ini relevan dengan upaya pemerintah. Karena itu pihaknya akan melakukan berbagai langkah di antaranya membentuk jaringan tim hingga pada level Daerah, Cabang, dan Ranting Muhammadiyah se-Provinsi Riau.

”Langkah awal yang akan kita lakukan di antaranya adalah membentuk jaringan tim hingga pada level daerah, cabang, dan ranting. Ini penting karena bersamaan dengan itu kita akan mudah melakukan pendataan dan update penyebaran Covid-19, dampak yang ditimbulkan, edukasi informasi serta menginventarisir sumberdaya bidang medis dan lainnya serta penggalangan dana melalui Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah (Lazismu),” pungkas Helda. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww