Home > Berita > Riau

Chevron Sebut Pegawainya yang Terjangkit Corona dalam Kondisi Baik

Chevron Sebut Pegawainya yang Terjangkit Corona dalam Kondisi Baik

Ilustrasi. (INTERNET)

Selasa, 31 Maret 2020 13:37 WIB
Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Satu dari 3 warga Riau yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19 merupakan karyawan PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI).

Pasien ketiga Covid-19 di Riau berinisial AA ini beralamat Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Status pria 54 tahun yang positif Corona disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Senin (30/3/2020).

Manager Corporate Communication PT CPI Sonitha Poernomo yang dikonfirmasi potretnews.com, Selasa (31/3/2020) siang membenarkan jika pasien tersebut merupakan pegawai Chevron.

Sonitha menyebut, pihaknya mengonfirmasi bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah menyatakan salah seorang pegawai kami dinyatakan positif Covid-19 pada 30 Maret 2020.

”Pegawai tersebut telah mendapatkan perhatian medis yang dibutuhkan. Perhatian utama kami sebagai perusahaan adalah kesehatan dan keselamatan karyawan, keluarga dan mitra kerja kami,” katanya.

Dia menyatakan, PT CPI akan terus memantau perkembangannya dalam menjalani protokol perawatan kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

”Kami akan memastikan bahwa pegawai tersebut dan keluarganya mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk pemulihan secara penuh. PT CPI menerapkan prosedur kesiapsiagaan yang telah disusun perusahaan dalam rangka mencegah dan menghadapi penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan perusahaan,” ucapnya.

Sehubungan kasus positif di Duri, imbuh Sonitha melanjutkan, PT CPI menjalankan langkah-langkah mitigasi di antaranya contact tracing dan deep cleaning di internal perusahaan dengan merujuk pada panduan yang dikeluarkan otoritas kesehatan yang berwenang.

”Untuk prosedur-prosedur yang harus dijalankan di luar fasilitas Perusahaan, PT CPI bekerja sama dengan dinas kesehatan terkait. Pasien saat ini dalam kondisi baik dan stabil selama lebih dari dua pekan dalam perawatan di rumah sakit,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliana Nazir mengatakan, pasien positif Corona tersebut mengaku tidak bepergian dari Malaysia beberapa waktu terakhir ketika diperiksa. ”Katanya dia enggak dari Malaysia,” ujarnya.

Mimi mengungkapkan, AA anggota jamaah tabligh di Riau, sama seperti dua pasien kasus positif sebelumnya. Namun, pasien tersebut mengaku tidak mengikuti acara tablig akbar di Malaysia. Karena itu, kasus ini tidak dinyatakan sebagai imported case seperti dua kasus awal di Riau.

”Dia tidak ikutan ke Malaysia, tapi masih jamaah tablig. Apa karena kontak dengan orang ini masih ditelusuri. Ini (penularan) transmisi dia kan dan ini masih dijajaki,” tutur Mimi.

Kasus positif corona di Riau kini bertambah satu sehingga total ada tiga kasus. Dua dirawat dan satu orang sudah dipulangkan. ”Pasien AA kini sudah dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru,” imbuhnya.

Gubernur Riau Syamsuar sebelumnya mengatakan, sudah memerintahkan Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan penelusuran atau tracing kontak dari pasien AA. Dalam melakukan tracing, Pemprov Riau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dan Polda Riau.

”Selain itu, kami juga sudah mengisolasi keluarga yang tinggal serumah dengan pasien AA,” demikian Syamsuar. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww