Home > Berita > Siak

Siak Siaga Hadapi Corona karena ODP Naik Drastis, Dana Rp28,9 Miliar Sudah Siap

Siak Siaga Hadapi Corona karena ODP Naik Drastis, Dana Rp28,9 Miliar Sudah Siap

Bupati Siak Alfedri.

Senin, 30 Maret 2020 19:40 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Orang dalam pemantauan (ODP) terkait Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Siak meningkat drastis. Hingga kini jumlah ODP sudah mencapai 392 orang.

Menurut Bupati Siak Alfedri, meningkatnya ODP ini disebabkan banyaknya warga daerahnya balik dari Malaysia dan kepulangan sejumlah mahasiswa dari luar Riau.

”Kalau PDP tetap seperti pekan lalu, hanya 2 orang. Yang naik itu jumlah ODP 392 orang. Padahal Jumat lalu ODP di Siak hanya 93 orang," kata Bupati Siak Alfedri kepada potretnews.com, di Siak, Senin (30/3/2020).

Karena itu, pemerintah daerah menggalang donasi untuk warga yang dipantau karena wabah tersebut. Apalagi Pemkab Siak juga mendapatkan bantuan dari Pemprov Riau sebanyak 100 ton beras Bulog yang sudah disimpan di gudang Bulog, di Kecamatan Bungaraya, Siak.

”Bantuan rapid test sebanyak 180 unit dan 50 set alat pelindung diri (APD) juga sudah diberikan ke kita,” sebut Alfedri. Rapid test itu akan digunakan untuk mengidentifikasi masyarakat Siak yang baru pulang dari luar negeri dan luar daerah.

”Kita juga sudah siapkan anggaran untuk antisipasi virus ini sebesar Rp28,9 miliar. Dana itu diambil dari DID, alkes, dan BLUD RSUD Siak,” ujarnya. ***

Kategori : Siak, Pemerintahan
wwwwww