Komunitas Motor di Bengkalis Sumbang APD ke Puskesmas

Komunitas Motor di Bengkalis Sumbang APD ke Puskesmas

Ketua NNJ Ibnu Hajar dan anggota menyerahkan APD kepada Kepala UPT Puskesmas Bengkalis, dr Rima Budiarti, Senin (30/2/2020).

Senin, 30 Maret 2020 21:06 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kelangkaan APD (alat pelindung diri) bagi para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19, menjadi perhatian sebuah komunitas di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Komunitas Motor NMax Negeri Junjungan (NNJ) menunjukkan perannya dengan menyerahkan bantuan APD Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bengkalis pada Senin (30/3/2020) pagi.

”Alhamdulillah, pagi ini kami dari komunitas NMax Negeri Junjungan menyerahkan sedikit peralatan di mana ini merupakan hasil dari inisiatif anggota kami. Mudah-mudahan, apa yang kami serahkan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat banyak," kata Ketua NNJ Ibnu Hajar memberikan sambutannya di hadapan Kepala UPT Puskesmas Bengkalis, dr Rima Budiarti.

Didampingi Kepala Tata Usaha, Saiful Aula yang juga Pembina NNJ, Kepala UPT Puskesmas menyampaikan terima kasih komunitas NMax atas bantuannya sebuah alat disinfektan dan beberapa APD.

”Semoga bermanfaat bagi kami, memang sangat bermanfaat karena kita masih membutuhkan ini. Bagi pihak-pihak lain yang ingin memberikan ADP alat pelindung diri, masker, handscoon dan lainnya kami tetap menerima dengan ikhlas,” tutur dr Rima Budiarti.

Diungkapkan dr Rima Budiarti, Poli Penanganan Covid-19 Puskemas Bengkalis saat ini memiliki 10 pasang baju jas hujan, kacamata, handscoon (sarung tangan), dan masker. Tapi tempat lain contohnya pelabuhan, tetap ada misalnya thermorex, masker, dan handscoon.

Dijelaskan, ruang ini berfungsi untuk pasien-pasien orang dalam pemantauan (ODP). Dia menyebut, pihaknya mengetahui ODP baik ada gejala maupun tanpa gejala tapi ada riwayat bepergian dari luar negeri atau tempat yang terjangkit Covid-19.

Jika ada masyarakat yang ingin berobat, imbuhnya, di-trease (dipilah) dulu di puskesmas, jika ada gejala-gejala yang mendekati Covid-19 akan dilayani di ruang Poli Covid-19 ini," terangnya.

”Kepada masyarakat khususnya yang baru pulang dari bepergian kita harapkan tetap isolasi di rumah, social distancing dan psycal distancing. Jika ada gejala sedikit demam, batuk atau pilek segeralah ke sarana pelayanan kesehatan seperti puskemas ataupun rumah Sakit. Kemudian tetap jaga jarak, jaga kesehatan, jaga kebersihan dengan selalu cuci tangan pakai sabun,” pesan dr Rima Budiarti.

Ketua NNJ Ibnu Hajar bantuan dari komunitasnya diperoleh secara swadaya anggota karena melihat minimnya APD di puskesmas.

”Kalau dari Indonesia Max Owners IMO sendiri kita sudah menyalurkan bantuan berupa masker dan lain-lainnya. Hampir seluruh grup IMO sudah bergerak di Indonesia,” ujar Ibnu Hajar didampingi dr Indra Wahyu, Bendahara NNJ Kadri, Kadiv Touring Raja Syafruddin, dan anggota komunitas, Al Amin. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww