PotretNews.com Selasa 14 Juli 2020
Home >  Berita >  Bengkalis

Bengkalis Segera Gelar Tes Massal Virus Corona

Bengkalis Segera Gelar Tes Massal Virus Corona

Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY (baju putih) didampingi Kadis Kesehatan dr Ersan Saputra TH meninjau gedung Puskesmas Meskom, Kecamatan Bengkalis, Sabtu (28/3/2020).

Minggu, 29 Maret 2020 19:42 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan melaksanakan tes cepat (rapid test) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Rencana itu disampaikan Pelaksana Harian Bupati H Bustami HY, Sabtu (28/3/2020).

”Setelah alatnya kita terima, sesegera mungkin kita akan laksanakan rapid test di Kabupaten Bengkalis,” ujar H Bustami HY di sela-sela peninjauan gedung Puskesmas Meskom di Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, kemarin.

Peninjauan itu dilakukan H Bustami HY didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Ersan Saputra TH dalam rangka persiapan untuk menjadikan gedung yang dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) itu sebagai tempat perawatan seandainya terjadi penambahan Pasien dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. Langkah ini diambil seiring semakin bertambahnya orang dalam pemantauan (ODP).

”Untuk mengantisipasi bila terjadi penambahan PDP. Walau tak kita harapan, kemungkinan itu ada. Apalagi jumlah ODP di daerah kita terus bertambah,” kata Bustami HY.

Dia menguraikan, saat ini jumlah ODP di Kabupaten Bengkalis berjumlah 2.001 orang atau meningkat 205 orang dibanding sehari sebelumnya yang hanya 1.796 ODP.

Seluruh kecamatan dari 11 kecamatan di daerah ini sudah terdapat ODP. Terbanyak di Bantan. Yaitu, 798 ODP atau 39,88 persen. Sedangkan tertinggi kedua di Kecamatan Bengkalis. Berjumlah 741 ODP atau 37,03 persen.

Bila ditotal, saat ini jumlah ODP di pulau Bengkalis sebanyak 1.539 orang atau 76,91 persen dari total 2.001 ODP di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Sementara itu, ketika ditanya kepada Kepala Dinas Kesehatan kapan alat untuk rapid test dari Kementerian Kesehatan dimaksud bakal diterima, Ersan belum bisa memastikan.

”Belum tahu. Kita harap tentu secepatnya. Makin cepat makin baik, sehingga secepatnya pula kita bisa melakukan tes cepat tersebut,” jelas Ersan seraya mengatakan alat pelindung diri (ADP) yang diterima pihaknya hanya 5 unit. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Bengkalis, Umum
Loading...
www www